Pengertian Pidato, Metode Pidato, Struktur Pidato, dan Contoh Membuat Pidato

Pembahasan pada materi artikel ini tentang Pengertian Pidato, Metode Pidato, Struktur Pidato, dan Contoh Membuat Pidato, tentu sobat sering kan melihat seseorang berpidato, contoh yang sering kita lihat adalah ketika upacara bendera setiap hari senin.

Memahami arti sebuah pidato akan membuat sobat lebih memahami sebuah komunikasi yang terarah, karena itulah diperlukan pemahaman tentang metode dalam berpidato dan apa saja struktur yang dimiliki sebuah naskah pidato, untuk lebih mudahnya memahami sebuah pidato maka di artikel ini pun akan diberikan contoh dari sebuh pidato, namun sebelum itu ikuti dulu pembahasa tentang pengertian, metode, struktur, dan contoh membuat sebuah pidato berikut ini.

Pengertian atau Definisi Pidato

Pidato sangat diperlukan sebagai bahasa komunikasi langsung, karena itu sangat di perlukan pemahaman, pengertian atau definisi pidato tersebut, contoh pidato yang sering kita liat adalah pidato upacara, pidato hari besar, pidato selamatan, pidato pembukaan atau pidato peresmian, pidato kenegaraan, pidato pelepasan siswa dan lain sebagainya.
Pengertian Pidato, Metode Pidato, Struktur Pidato, dan Contoh Membuat Pidato

Didalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pidato mempunyai pengertian atau defini yaitu:
  • (kesatu) Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; 
  • (kedua) Pidato adalah sebuah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.
Karena pidato  adalah sebuah komunikasi yang bersifat satu arah yang biasanya digunakan untuk penyampaian sebuah gagasan atau pikiran dari sang orator. Orator adalah orang yang melakukan pidato. Karena itu dalam membuat sebuah pidato harus memahami metode pembuatan naskah pidato, buat mereka yang telah memahami pengertian, metode, struktur  pidato akan lebih mudah berpidato walau tanpa naskah sekalipun, berikut penjelasa metode yang dipakai dalam berpidato.

Metode Pidato

Ada sekitar empat jenis metode pidato yang gunakan, berikut penjelasan dari metode pidato berdasarkan jenisnya.
  1. Metode pidato impromptu, jenis metode impromptu adalah metode pidato secara spontanitas tanpa teks, yang biasanya tidak dipersiapkan secara cukup waktu atau kebutuhan yang mendesak untuk menyampaikan sebuah informasi, tentunya dibutuhkan sebuah kemampuan pemahaman berpidato untuk melakukan hal ini, contohnya pidato dalam demo.
  2. Metode pidato memoriter, adalah metode menghapal isi pidato. Pada metode pidato memoriter sang orator telah mempunyai persiapan khusus, dimana pada metode memoriter seorang pembicara telah merencanakannya sehingga isi pidato yang disampaikan telah dihapal terlebih dahulu. Contohnya pidato peresmian.
  3. Metode pidato naskah, pada metode pidato naskah dalam menyampaikan pesan dengan membaca naskah yang telah dipersiapkan. Contohnya pidato kenegaraan.
  4. Metode pidato ekstemporan, orator membuat catatan kecil atau hal-hal pokok yang ingin disampaikan, jenis metode pidato ekstemporan memerlukan kemampuan berbicara yang baik karena walau hanya membuat catatan kecil isi pidato tetap terarah, contohnya pidato penyambutan.

Struktur dalam Berpidato

Pada dasarnya dari semua metode pidato yang dipakai sama, baik Metode pidato impromptu, Metode pidato memoriter, Metode pidato naskah, Metode pidato ekstemporan tetap memiliki struktur pidato yang sama yaitu pembukaan, isi pidato dan kata penutup,  berikut langkah-langkah dalam membuat naskah pidato yang baik dan benar.

Langkah-langkah membuat atau bikin naskah pidato


Pembukaan pidato - Dalam pembukaan pidato selalui diawali dengan salam pembukaan, ungkapan terima kasih atau ungkapan penghormatan, dan ucapan puji syukur.

contoh pembukaan pidato:
  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh arab, salam sejahtera bagi kita semua yang saat ini masih diberikan kesehatan untuk berkumpul di tempat ini.
  • Saya ucapkan banyak terima kasih atas waktu dan tempat yang telah diberikan.
  • Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah dan dewan guru.
  • Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kesehatan pada kita semua sehingga dapat berkumpul hari ini.
Isi Pidato - Pesan utama yang disampaikan, dalam isi pidato harus dengan kata-kata yang singkat dan jelas agar mudah dimengerti pendengar, karena pada bagian ini juga merupakan inti dari pesan yang disampaikan.

Contoh isi pidato:
  • mengenai kebersihan lingkungan
  • antisipasi musim hujan
  • penyakit
  • keberhasilan perusahaan
  • motivasi
Penutup pidato - Bagian ini biasanya berisi kesimpulan, pandangan dan harapan dari sang orator atau pembicara tidak lupa juga permintaan maaf.

Contoh naskah penutupan pidato:
  • Jadi kesimpulannya kalau bukan kita yang menjaga kebersihan lingkungan, bahaya banjir akan terus menyerang, begitu juga dengan penyakit yang timbul karena banjir, saya harapkan adanya peran aktif dari masyarakat untuk menjaga dan melaporkan jika ada yang masih membuang sampah sembarangan, sekian mohon maaf jika ada salah kata yang saya ucapkan. Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Contoh Pidato

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera dan selamat pagi semua.

Yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru Man 7 Jakarta. Yang saya hormati, adik-adik siswa sekali.

Puji dan rasa syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya di pagi yang ceh ini, sehingga kita semua dapat menghadiri serta berkumpul disini. Tak lupa, kita ucapkan salawat serta salam kita kepada nabi besar nabi Muhammad SAW dan tidak lupa pula bagi para sahabatnya.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan tentang perkembangan belajar mengajar disekolah ini yang rencana kedepannya akan lebih ditingkatkan lagi, dengan telah adanya tambahan fasilitas ruangan atau lab komputer lengkap dengan printer dan jaringan internet dan wifi, tentunya yang menjadi harapan saya untuk kedepan para siswa dan siswi akan mahir dalam penggunaan komputer.

Adapun program-program yang akan diajarkan dimulai dari mengetik cepat dengan 10 jari, tidak lagi hanya menggunakan 2 jari saja atau istilahnya 11 jari untuk tingkat awal, nantinya juga akan dipelajari mengoperasikan ms word dengan baik dan pembuatan tabel atau bagan dengan ms excel.

Untuk Internet saat ini sudah dipasang fasilitas wifi juga namun saat ini masih dibatasi hanya di sekitar perpustakaan saja, internet dan wifi harapan saya nantinya dipakai siswa untuk mencari tambahan ilmu dari materi yang belum dimengerti.

Penambahan pelajaran komputer rencananya akan dimulai dari kelas 1, sehingga harapan saya nantinya lulusan MAN 7 ini akan menjadi orang-orang yang tanggap teknologi dan sudah siap memasuki dunia kerja, fasilitas baru ini harus kalian jaga dengan baik, pergunakan dengan semestinya, untuk akses internet dapat dilakukan diruangan perpustakaan.
Demikian pesan yang ingin saya sampaikan dalam pertemuan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada salah kata. Wabillahitaufiq walhidayah. Assalammualaikum Wr. Wb.

Sekian artikel mengenai Pengertian Pidato, Metode Pidato, Struktur Pidato, dan Contoh Membuat Pidato, semoga sobat dapat lebih memahami apa itu pidato, karena kemampuan berpidato juga sangat diperlukan dalam sehari-hari dikehidupan bermasyarakat.