Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum

Pembahasan tentang Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum, yang akan kita bahas mendalami teks eksemplum baik dari segi struktur teks, ciri-ciri teks, maupun juga pemberian contoh dari teks eksemplum yang dibahas dalam artikel ini.

Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum

Pengertian Teks Eksemplum
Teks eksemplum ialah teks cerita yang bercerita tentang perilaku atau tokoh dari cerita. Contohnya, cerita teks eksemplum diawali dengan pengenalan dari tokoh utama, peristiwa telah dan akan dialami sang tokoh, dan ditutup dengan interpretasi yang diambil dari dalam diri tokoh dari cerita. Teks eksemplum bisa juga disebut dengan hasil karya dari sebuah pengalaman hidup manusia.
Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum
Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum

Ciri-ciri Teks Eksemplum
Sebagai sebuah hasil karya, teks eksemplum mempunyai ciri khusus dan sebagai pembeda dari jenis teks yang digunakan dalam cerita apakah teks eksemplum atau bukan teks eksemplum, yang merupakan ciri-ciri teks eksemplum.
  • Mempunyai struktur lengkap.
  • Menggunakan bahasa naratif.
  • Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
  • Adanya urutan peristiwa yang jelas.
Struktur Teks Eksemplum
Setelah kalian mengetahui ciri-ciri dari teks eksemplum, maka agar lebih mudah memahami sebuah teks eksemplu, kalian juga harus memahami struktur teks eksemplum. Berikut struktur dalam teks eksemplum yang sering digunakan. 
  • Orientasi, struktur teks eksemplum Orientasi merupakan bagian awal dari cerita teks eksemplum. Pada bagian ini diisi dengan perkenalan dari tokoh. Contohnya: "Wanita itu sangat baik hati & juga patuh terhadap orang tua".
  • Insiden, struktur teks eksemplum Insiden merupakan bagian atau peristiwa yang berisi masalah yang dialami oleh tokoh. Contohnya: "Dian kehabisan waktu untuk menyelesaikan tugas sekolah karena terlalu banyak bermain dengan teman".
  • Interpretasi, struktur teks eksemplum Interpretasi biasanya berisi tentang pesan moral, evaluasi, serta akibat yang timbul dari masalah yang dialami oleh tokoh dalam cerita.

Contoh Teks Eksemplum
Boros
Pada suatu hari ada seorang anak lelaki bernama Robi yang suka sekali menghabiskan uang jajan nya dengan cepat dan bahkan dia juga hanya menghabiskan uang jajan nya itu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Dia berperilaku seperti itu karena dia merasa bahwa orang tuanya itu adalah keluarga kaya yang serba ada.

Ketika dia sudah remaja, perilaku boros nya pun semakin menjadi. Apalagi ditambah dengan adanya pacar yang sering kali ia traktir. Padahal orang tuanya sering sekali mengingatkan untuk tidak boros karena mencari yang itu sangat susah. Dia tidak melihat bagaimana susahnya orang lain untuk mencari uang, yang ia tau hanya lah menghabiskan uang kedua orang tua nya.

Lalu pada suatu ketika, orang tua Robi itu pun bangkrut dalam bisnis nya sehingga menyebabkan keadaan keluarga Robi menjadi sangat miskin dan serba kekurangan. Belum lagi ditambah hutang kepada bank yang melilit keluarga Robi. Hal itu membuat Robi sangat frustasi karena dia sangat tidak terbiasa berada dalam posisi seperti itu. Hingga akhirnya dia pun melakukan bunuh diri.

Oleh karena itu, maka hendaklah kita menumbuhkan sikap hemat di dalam diri kita agar kita dapat menabungkan sebagian uang kita yang mungkin bisa bermanfaat di masa depan nanti. Jangan seperti Robi yang hidup boros sehingga tidak punya tabungan untuk kehidupannya kelak.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum semoga bermanfaat.