Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Pemanfaatan Sumber Daya Alam - Pada pembahasan materi Geografi kali ini mengenai pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang masih terkait dengan pembahasan potensi sumber daya alam dan pemanfaatannya, materi yang disajikan antara lain Sumber Daya Alam Hayati, Sumber Daya Alam Nonhayati Rekayasa Genetika, Pemanfaatan SDA, dimana nantinya kalian dapat memahami pengertian sumber daya alam, mengidentifikasi serta menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam, dan dapat memanfaatkan sumber daya alam sebaik-baiknya, untuk lebih jelasnya simak dalam penjelasan singkat berikut ini untuk pokok pembahasan materi yang pertama tentang jenis-jenis sumber daya alam berikut ini!

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Pada dasarnya sumber daya alam yang tersedia di permukaan bumi memang untuk diperuntukkan bagi kepentingan manusia. Akan tetapi, pemanfaatan sumber daya alam haruslah dilakukan secara proporsional atau sesuai keperluan serta tidak merusak keberadaan sumber daya alam yang tersedia sehingga kekayaan sumber daya alam dapat dinikmati oleh generasi muda selanjutnya. Dengan kata lain, pemanfaatan sumber daya alam tidak merusak ekosistem secara efisien dan memikirkan kelanjutan sumber daya alam itu (Wardiyatmoko, 2004: 121).

Pada bahasan ini disajikan contoh mengenai pemanfaatan sumber daya alam. Adapun untuk mengetahui secara persis bagaimana pemanfaatan sumber daya alam, maka seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa pembagian sumber daya alam dibagi menjadi tiga jenis golongan yaitu, sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam tidak terlepas dari ketiga golongan jenis sumber daya alam yang dimaksud.

Sungai mempunyai potensi sebagai sumber air, transportasi, sumber protein, dan irigasi.
Pemanfaatan sungai untuk irigasi
Pemanfaatan sungai untuk irigasi

Memandaatkan Sumber Daya Alam yang Bisa Diperbaharui

a. Sungai
Kegiatan pemanfaatan sungai yang berlangsung selama ini sebagian besar masih dilakukan dengan cara yang kurang memperhatikan kelestarian dan kepentingan umum. Hal ini ditandai dengan kondisi-kondisi yang salah satunya ialah hilangnya sebagian besar tumbuhan penutup di daerah aliran sungai bagian hulu, sehingga memengaruhi daya resap lahan dan meningkatkan erosi (Puslit Sumber daya Air, 2002: 3).

Menurut Puslit Sumber daya Air (2002: 3) sungai sebagai sumber air yang mempunyai sejumlah potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia, di antaranya sebagai berikut.
  1. Sebagai sumber penghidupan dan kehidupan, air dibutuhkan manusia. Oleh karena itu, tumbuhlah pemukiman di sekitar sungai.
  2. Sungai juga dapat dijadikan sarana transportasi untuk mendukung mobilitas manusia.
  3. Sungai berfungsi sebagai sumber protein hewani yang hidup di dalamnya, seperti ikan.
  4. Sungai berfungsi untuk mengairi pertanian (irigasi).
b. Waduk atau Danau
Selain sungai, keberadaan waduk dan danau merupakan potensi dari sumberdaya air yang memberikan manfaat bagi kelangsungan manusia. Danau terbentuk secara alamiah oleh proses geologi, baik tektonisme maupun vulkanisme, sedangkan waduk merupakan buatan manusia dengan membuat tanggul atau bendungan sehingga air sungai naik dan menggenangi daerah sekitar yang memiliki ketinggian yang sama (Darsiharjo, 2005:109).

Adapun manfaat dari danau atau waduk bagi kepentingan manusia ialah sebagai berikut.
  1. Danau/waduk berfungsi sebagai tempat rekreasi alam, seperti Danau Toba, Situ Patenggang Jabar.
  2. Danau/waduk berfungsi untuk mengairi irigasi, seperti waduk Jatiluhur, Saguling, dan Cirata.
  3. Danau/waduk berfungsi sebagai PLTA, seperti Jatiluhur, Cirata dan Saguling.
c. Laut
Laut merupakan sumberdaya air yang apabila dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal, akan memberikan keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Berikut ini pemanfaatan laut bagi kepentingan manusia.
  1. Sebagai rumput laut untuk bahan makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik.
  2. Tempat objek wisata bahari.
  3. Sumber protein hewani, seperti ikan laut, kerang.
  4. Sebagai transportasi antarpulau.
  5. Gelombang dan arusnya dapat didayagunakan untuk tenaga listrik.
d. Sinar Matahari, Suhu dan Angin
Sinar matahari, angin, dan suhu merupakan sekelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena dapat dimanfaatkan dan menghasilkan secara terus-menerus.
Kincir angin, salah satu pemanfaatan angin
Kincir angin, salah satu pemanfaatan angin
Saya rasa kita pun sudah sepakat bahwasannya sinar matahari mempunyai peranan sangat berarti bagi kehidupan, seperti untuk memberikan vitamin E bagi tubuh, dan membantu proses fotosintesis bagi tumbuhan. Selain itu sinar matahari dapat pula dijadikan bahan energi pembangkit tenaga surya, sebagai alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM).

Adanya perbedaan suhu dan pergerakan angin sebenarnya tidak terlepas dari peranan sinar matahari. Perbedaan intensitas cahaya matahari di suatu wilayah mengakibatkan perbedaan suhu antara wilayah satu dengan yang lainnya. Perbedaan suhu ini mengakibatkan angin bergerak, pergerakan angin bergerak dari tekanan yang tinggi (suhu rendah) ke tekanan yang rendah (suhu tinggi).

Manfaat perbedaan suhu ini antarwilayah tersebut mengakibatkan perbedaan dalam menentukan jenis tanaman dalam hal bercocok tanam, kemudian manfaat angin dalam kehidupan manusia ialah sebagai pembawa uap air sehingga dapat mendistribusikan hujan ke setiap wilayah sebagai media pengering dan membantu proses penyerbukan tanaman.

Sekian pembahasan mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui semoga dapat membantu sobat dalam belajar, jika bukan artikel ini yang sobat cari, mungkin materi dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!