Kriteria Pemilihan dan Analisa Parameter Sistem Irigasi Permukaan

Kriteria Pemilihan dan Analisa Parameter Sistem Irigasi Permukaan - Pada pembahasan materi ekonomi kali ini mengenai Agro khususnya sistem irigasi dan drainasi akan membahas mengenai Kriteria Pemilihan dan Analisa Parameter Sistem Irigasi Permukaan yang meliputi kedalaman air irigasi yang diberikan, maksimum kecepatan aliran yang diijinkan, Koefisien kekasaran Manning, Kemiringan dasar saluran dan Laju Infiltrasi, untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini!

Kriteria Pemilihan dan Analisa Parameter Sistem Irigasi Permukaan

Dalam merencanakan sistem irigasi permukaan ada beberapa parameter yang harus dipertimbangkan sebagai bahan masukan untuk memilih sistem irigasi permukaan, yaitu:

1. Kedalaman air irigasi yang diberikan.
Parameter ini merupakan jumlah air yang harus disimpan di zona perakaran tanaman pada saat air irigasi diberikan dengan tujuan untuk mempertahankan pertumbuhan tanaman agar tetap normal. Kedalaman air irigasi yang diberikan dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, yaitu jenis tanaman, tingkat pertumbuhan tanaman, ada tidaknya permukaan air tanah yang dangkal, dan pembatas lapisan tanah seperti lapisan padas, dimana kesemua faktor tersebut akan menentukan kedalaman lapisan perakaran yang efektif. Jenis tanah merupakan faktor yang menentukan berapa banyak air dapat disimpan per unit kedalaman tanah. Faktor-faktor ini, bersama dengan kondisi iklim suatu wilayah harus dipertimbangkan untuk menentukan jumlah yang diperlukan aplikasi.

2. Maksimum kecepatan aliran yang diijinkan (Vmax).
Parameter ini digunakan untuk memperkirakan laju aliran air yang tidak menyebabkan erosi. Nilai Vmax umumnya tergantung pada jenis tanah, dan dapat bervariasi dalam kisaran 8 m/menit atau 0.133 m/detik untuk tanah yang mudah tererosi sampai 13 m/menit atau 0.216 m/detik untuk tanah yang lebih stabil.
Tabel Kekasaran Manning untuk saluran
Kriteria Pemilihan dan Analisa Parameter Sistem Irigasi Permukaan. Tabel Kekasaran Manning untuk saluran

3. Koefisien kekasaran Manning (n),
Koefisien kekasaran Manning adalah yaitu sebuah parameter dalam persamaan Manning yang dikenal nilai n, digunakan sebagai ukuran efek resistensi saluran ketika air bergerak menuruni saluran, dinding atau cekungan.

4. Kemiringan dasar saluran (So).
Kemiringan dasar saluran atau dinding perlu diketahui untuk memperkirakan laju aliran non-erosif yang maksimal serta aliran luas penampang atau kedalaman aliran pada setiap bagian saluran diberikan dengan menggunakan persamaan Manning. Kemiringan dasar saluran adalah kemiringan rata-rata dalam arah irigasi dan merupakan parameter yang mudah diukur. Untuk dinding dan alur kemiringan saluran tidak boleh terlalu tinggi karena menyebabkan gerusan dan tidak boleh terlalu rendah agar mengurangi efek sedimentasi dan meningkatkan efisiensi aliran irigasi. Biasanya nilai yang direkomendasikan oleh USDA, yang tergantung pada tanah, yaitu jenis dan kedalaman profil, kombinasi tanaman dan ukuran individu saluran yang digunakan.

5. Laju Infiltrasi (I).
Pengetahuan tentang karakteristik infiltrasi tanah sangat penting untuk evaluasi, desain atau pengelolaan sistem irigasi permukaan. Oleh karena itu, laju infiltrasi, ditentukan sebelum mendesain saluran irigasi.

Sekian pembahasan mengenai Kriteria Pemilihan dan Analisa Parameter Sistem Irigasi Permukaan yang meliputi kedalaman air irigasi yang diberikan, maksimum kecepatan aliran yang diijinkan, Koefisien kekasaran Manning, Kemiringan dasar saluran dan Laju Infiltrasi, selamat belajar!