Sarana atau Alat Manajemen Umum

Sarana atau Alat Manajemen Umum - Pada pembahasan materi Ekonomi kali ini mengenai Sarana atau Alat Manajemen Umum yang digunakan dalam sebuah badan usaha, diantaranya faktor manusia, uang, bahan baku, mesin, cara bekerja atau produksi dan juga mengenai manajemen pasar, untuk lebih jelasnya simak dalam penjelasan materi ekonomi Sarana atau Alat-alat Manajemen Umum berikut ini.

Sarana atau Alat-alat Dalam Manajemen Umum

Badan usaha didirikan dengan tujuan-tujuan tertentu. Untuk dapat mencapai tujuan, maka diperlukan sarana atau alat manajemen, yang dapat dikelompokkan ke dalam 6M yang meliputi hal berikut.

Sarana atau Alat Manajemen Umum
Sarana atau Alat Manajemen Umum
a. Man (Manusia)
Sarana penting atau sarana utama bagi setiap manajer untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu adalah man atau manusia. Tanpa adanya manusia, manajer tidak akan mungkin dapat mencapai tujuannya. Harus diingat bahwa manajer ialah orang yang mencapai hasil melalui kegiatan orang-orang lain. Kualitas sumber daya manusia (SDM) besar pengaruhnya dalam proses manajemen.

b. Money (Uang)
Untuk melakukan berbagai aktivitas perusahaan, diperlukan uang, untuk membayar upah atau gaji, membeli bahan-bahan, dan peralatan. Uang sebagai sarana manajemen harus digunakan sedemikian rupa, agar tujuan yang ingin dicapai bila dinilai dengan uang, lebih besar dari uang yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, perusahaan harus mengusahakan agar keuangan perusahaan dapat dikelola dengan cermat.

c. Materials (Bahan-bahan)
Adakah perusahaan tekstil di daerahmu? Perusahaan tekstil memerlukan bahan-bahan untuk diproduksi agar menghasilkan kain atau pakaian jadi. Coba kamu sebutkan bahan-bahan yang melalui proses produksi pada perusahaan tekstil! Barang-barang yang diproduksi tersebut dapat berupa bahan baku atau barang setengah jadi.

Material atau bahan-bahan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi, sebab merupakan faktor pendukung utama dalam proses produksi. Bahan-bahan tersebut meliputi bahan baku, bahan pembantu, dan bahan lain sebagai penunjang proses produksi.

d. Machines (Mesin)
Bagaimanakah orang-orang zaman dahulu memintal benang? Mereka menggunakan roda kayu yang diputar dengan tenaga manusia. Hasil pintalan benang sangat tergantung pada kondisi manusianya, sehingga tidak bisa diharapkan. Bandingkan dengan keadaan sekarang! Kita sudah sulit menjumpai orang-Orang yang memintal dengan alat-alat tradisional.

Dalam era kemajuan teknologi dewasa ini, penggunaan mesin-mesin sangat penting dalam proses pelaksanaan kegiatan perusahaan. Manusia bukan lagi sebagai pembantu mesin sebagaimana yang terjadi pada masa lalu (sebelum revolusi industri) melainkan mesin sebagai pembantu bagi manusia.

e. Methods (Cara)
Untuk melakukan kegiatan—kegiatan agar berdaya guna dan berhasil guna, maka manusia dihadapkan pada berbagai alternatif metode atau cara melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, metode atau cara dianggap pula sebagai sarana atau alat manajemen untuk mencapai tujuan.

f. Markets (Pasar)
Bagi badan usaha yang bergerak di bidang industri, pasar merupakan sarana penting dalam manajemen. Tanpa adanya pasar bagi hasil produksi (output), jelas tujuan perusahaan industri tidak mungkin tercapai. Salah satu masalah pokok bagi suatu perusahaan industri, adalah harus dapat mempertahankan pasar yang sudah ada, dan apabila mungkin berusaha untuk mencari pasar baru bagi hasil produksinya.

Sekian pembahasan mengenai Sarana atau Alat-alat di dalam Manajemen Umum yang digunakan dalam sebuah badan usaha, diantaranya faktor manusia, uang, bahan baku, mesin, cara bekerja atau produksi dan juga mengenai manajemen pasar, selamat belajar!