Penyajian Jurnal Penutup, Menutup Buku Besar dan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Penyajian Jurnal Penutup, Menutup Buku Besar dan Neraca Saldo Setelah Penutupan - Pembahasan materi ekonomi kali ini mengenai penyajian jurnal penutup beserta contoh soal pembukuan memindahkan saldo-saldo akun laba/rugi ke ikhtisar laba/rugi, memindahkan laba/rugi bersih ke akun modal dan memindahkan akun prive ke akun modal, contoh pembukuan menutup buku besar, dan juga mengenai neraca saldo setelah penutupan untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini!

Penyajian Jurnal Penutup, Menutup Buku Besar dan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Jurnal penutup disajikan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Memindahkan Saldo-Saldo Akun Laba/Rugi ke Ikhtisar Laba/Rugi
Ayat Jurnal penutupan yang pextama dibuat adalah untuk perkiraan penjualan, retur pembelian dan potongan harga. Pendebitan terhadap perkiraan-perkiraan ini diikuti dengan pengkreditan pada perkiraan ikhtisar laba/rugi sebesar Rp36.000.000,00.

Pencatatan ayat jurnal penutupan untuk Perusahaan Dagang Makmur adalah sebagai berikut.
Memindahkan Saldo-Saldo Akun Laba Rugi ke Ikhtisar Laba Rugi
Memindahkan Saldo-Saldo Akun Laba Rugi ke Ikhtisar Laba Rugi

2. Memindahkan laba/Rugi Bersih ke Akun Modal
Ayat Jurnal penutupan kedua dibuat untuk menutup perkiraan retur penjualan dan potongan harga. Pembelian dan semua perkiraan-perkiraan beban. Pengkreditan terhadap perkiraan-perkiraan ini diikuti dengan pendebitan pada perkiraan ikhfisar laba/rugi sebesar Rp22.350.000,00.

Pencatatan ayat jurnal penutupan untuk PD Makmur dalam jurnal umum adalah sebagai berikut.
Memindahkan laba Rugi Bersih ke Akun Modal
Memindahkan laba Rugi Bersih ke Akun Modal

Setelah dibuat ayat Jurnal penutupan dari beban, tahap selanjutnya adalah memindahkan saldo perkiraan ikhtisar laba/rugi.
memindahkan saldo perkiraan ikhtisar laba rugi

Di samping jurnal penutupan tersebut di atas, perkiraan ikhtisar laba/rugi juga memuat ayat jurnal penyesuaian persediaan. Pencatat ayat jurnal penutupan untuk PD Makmur dalam jurnal umum adalah sebagai berikut.
Pencatat ayat jurnal penutupan
Pencatat ayat jurnal penutupan

3. Memindahkan Akun Prive ke Akun Modal
Memindahkan Akun Prive ke Akun Modal
Memindahkan Akun Prive ke Akun Modal

Perlu diperhatikan bahwa nomor perkiraan dalam kolom referensi dalam Jurnal umum tersebut baru dituliskan setelah ayat-ayat jurnal penutupan yang bersangkutan dipindahkan ke masing-masing perkiraan dalam buku besar.

Menutup Buku Besar

Untuk menutup perkiraan buku besar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Memindahkan (posting) jurnal penyesuaian ke buku besar yang bersangkutan
  2. Memindahkan (posting) jurnal penutup ke akun buku besar yang bersangkutan.
Sebagai contoh, untuk proses posting baik dari jurnal penyesuaian ke buku besar maupun dari jurnal penutup ke buku besar pada neraca PD Raharja dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Contoh Pembukuan Menutup Buku Besar
Contoh Pembukuan Menutup Buku Besar. klik untuk memperbesar
Contoh Pembukuan Menutup Buku Besar
Contoh Pembukuan Menutup Buku Besar

Setelah Jurnal penyesuaian dan jurnal penutup dipindahkan ke buku besar, akun nominal dan pengembalian prive akan bersaldo nol dan akun modal jumlahnya sesuai dengan yang ada di neraca (laporan keuangan).

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Tujuan penyusunan neraca saldo setelah penutupan adalah untuk memastikan bahwa sebelum memulai pencatatan data periode berikutnya, akun-akun buku besar dalam keadaan seimbang (balance).

Neraca sisa setelah penutupan berisi akun riil (harta, utang, dan modal) yang jumlahnya diambil dari saldo-saldo akun buku besar setelah ditutup atau dapat pula diambil dari kertas kerja kolom neraca, dengan perubahan akun prive dihilangkan dan akun modal sesuai dengan laporan perubahan modal.

Rangkuman:
  • Jurnal penutup adalah ayat jurnal yang dibuat untuk mencatat saldo akhir dari pekerjaan-pekerjaan yang bersifat sementara (perkiraan minimal ke perkiraan-perkiraan tetap). Ayat jurnal penutupan dicatat dalam jurnal umum dan berasal dari angka-angka dalam kolom kaba/rugi pada neraca saldo.
  • Jurnal penutup dilakukan dengan memindahkan saldo-saldo akun laba/rugi ke ikhtisar laba/rugi, memindahkan laba/rugi bersih ke modal, dan memindahkan akun prive ke modal. Penutupan perkiraan pada buku besar dilakukan dengan memindahkan jurnal penyesuaian dan jurnal penutup ke akun buku besar yang bersangkutan.
  • Neraca saldo setelah penutupan berisi akun riil yang rneliputi harta utang dan modal yang jumlahnya diambil dari saldo-saldo buku besar setelah ditutup atau dan kertas kerja kolom neraca dengan perubahan pada akun pnve yang dihilangkan dan akun modal disesuaikan dengan laporan perubahan modal. Penyusunan neraca sisa setelah penutupan bertujuan untuk memastikan bahwa sebelum memulai pencatatan data penode berikutnya, akun buku besar dalam keadaan seimbang.
Sekian pembahasan mengenai Penyajian Jurnal Penutup, Menutup Buku Besar dan Neraca Saldo Setelah Penutupan yang meliputi contoh soal pembukuan memindahkan saldo-saldo akun laba/rugi ke ikhtisar laba/rugi, memindahkan laba/rugi bersih ke akun modal dan memindahkan akun prive ke akun modal, contoh pembukuan menutup buku besar, dan juga mengenai neraca saldo setelah penutupan, selamat belajar!