Evaluasi Soal Pelajaran Bahasa Indonesia 7 dan Jawaban

Evaluasi Soal Pelajaran Bahasa Indonesia 7 dan Jawaban

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e.
1. Ringkasan atau sinopsis adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Pendapat tersebut disampaikan oleh ….
a. Kridalaksana
b. Keraf
c. Chaer
d. Wibowo
e. Moleong

2. Berikut ini yang bukan tujuan khusus dari resensi adalah ….
a. memberikan informasi kepada pembaca
b. mengajak pembaca berpikir
c. memberikan pertimbangan kepada pembaca
d. menilai buku tersebut dengan teliti
e. menjawab pertanyaan yang timbul

Evaluasi Soal Pelajaran Bahasa Indonesia 7 dan Jawaban
Evaluasi Soal Pelajaran Bahasa Indonesia 7 dan Jawaban
3. Di bawah ini yang bukan ciri-ciri sinopsis novel adalah ….
a. jalan cerita sebaiknya disusun secara kronologis
b. mengutamakan aspek argumentatif
c. terdapat motifasi bagi calon pembaca
d. menampilkan konflik yang menarik secara singkat
e. membuat calon pembaca penasaran

4. Inti resensi hanya mengulas sebagian besar isi buku secara umum. Pernyataan tersebut adalah ciri-ciri jenis resensi ….
a. informatif
b. deskreptif
c. evaluatif
d. deskriptif-evaluatif
e. deskriptif-komparatif

5. Siapa pengarang novel 5 cm?
a. Andrea Hirata
b. Donny Dhirgantoro
c. Habiburrahman El Shirazy
d. Mira W.
e. Dewi “Dee” Lestari

6. Seorang picisan yang berbadan kurus, anak band, orang yang apa adanya dan kocak dalam novel 5 cm adalah perwatakan dari tokoh ….
a. Arial
b. Zafran
c. Genta
d. Ian
e. Riani

7. Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra adalah penulis novel ….
a. Ayah Mengapa Aku Berbeda?
b. Perahu Kertas
c. Bidadari-bidadari Surga
d. 99 Cahaya di Langit Eropa
e. Supernova

8. Dalam penulisan resensi pada karya fiksi, resentator hanya memberikan sedikit bayang-bayang karangan berupa sinopsis tanpa harus membocorkan klimaks utama dan akhir cerita. Kata yang bercetak miring sama artinya dengan ….
a. orang yang membaca resensi
b. orang yang menulis resensi
c. orang yang membaca sinopsis
d. orang yang menulis sinopsis
e. orang yang membaca dan menulis resensi

9. Apa yang menjadi nilai plus dan minus buku yang diresensinya harus ditulis. Hal itu menunjukkan bahwa peresensi bersifat ….
a. objektif
b. subjektif
d. argumentatif
e. evaluatif
c. deskriptif

10. Berikut ini yang bukan identitas buku pada penulisan resensi adalah ….
a. judul
b. penulis
c. penerbit
d. peresensi
e. tahun terbit

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas.
  1. Jelaskan yang dimaksud sinopsis dan resensi.
  2. Apa tujuan penulisan resensi secara umum?
  3. Sebutkan ciri-ciri sinopsis.
  4. Jelaskan mengenai jenis-jenis resensi menurut sifatnya.
  5. Analisislah sinopsis novel berikut berdasarkan unsur intrinsiknya.
Sinopsis Novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda?”
Novel Karya: Agnes Davonar
Kisah ini berawal dari pasangan suami istri yang dikaruniai seorang gadis cantik bernama Angel. Gadis ini luar biasa, membawa ketegaran khususnya bagi ayah dan ibunya sendiri. Akan tetapi, ia terlahir dengan sebuah keterbatasan hingga membuatnya menjadi sosok yang dikagumi semua orang. Lahir prematur dan divonis menderita tunarungu. Meskipun ia terbilang berbeda dengan anak seusianya, tetapi dalam dirinya begitu banyak tersimpan anugerah yang mungkin tidak orang lain dapatkan.

Seorang tunarungu mampu bermain piano dengan indah, sungguh hadiah luar biasa dari Tuhan yang dikaruniakan kepadanya. Sejak dilahirkan hingga usianya sekarang, Angel tidak pernah tahu wujud ibu yang telah melahirkannya, hanya foto senyum indah ibunya yang tergambar di salah satu sudut kamarnya. Ibunya meninggal ketika melahirkan Angel. Ia tinggal bersama ayah dan neneknya yang selalu menjaganya bagaikan permata di tengah-tengah keringnya karang.

Kini, Angel beranjak memasuki usia sekolah. Martin ayahnya, mengajaknya untuk melihat sebuah sekolah. Namun ini berbeda, ya sekolah luar biasa. Sekolah di mana Angel akan menjadi bagian di dalamnya. Beberapa tahap berhasil dilaluinya. Guru di sekolah Angel pun heran dibuatnya. Kemampuannya jauh lebih berkembang dibandingkan anak-anak lainnya, hingga setara dengan kemampuan anak-anak normal di luar sana. Bahkan, meraih predikat nilai terbaik dikelasnya. Semua senang mendengarnya, guru menyarankan kepada ayah Angel untuk mencoba berpikir memindahkan Angel ke sekolah biasa pada umumnya.

Tentunya dengan saran tersebut membuat Martin, ayahnya berpikir ulang untuk benar-benar mendengarkan saran guru tersebut. Seiring berjalannya waktu, gadis luar biasa ini bisa membuktikan kepada ayah dan neneknya kalau ia mampu menghadapi segala kemungkinan yang bagi orang lain tidak mungkin Ia lakukan. Neneknya telah menyiapkan note kecil dengan pena di atasnya serta ada tali yang menggantung, sehingga ke mana pun Angel pergi, ia dapat membawanya. Dengan begitu, Angel dapat menuliskan segala yang ia perlukan di sana dan berkomunikasi dengan temannya.

Tidak sedikit yang merasa aneh ketika Angel menghabiskan separuh waktunya di sekolah itu. Hanya ada Hendra, sahabat yang selalu setia menemani hari-hari penuh cerita seorang Angel. Agnes, dia lah perubah senyum manis Angel menjadi butiran air mata. Hanya karena keterbatasan, Agnes dengan sinisnya selalu saja membuat Angel tersiksa. Dihina, dicaci, dilukai baik secara fisik maupun psikisnya. Tapi, Angel tetap bertahan, kuat, tegar, dan berani menghadapinya. Sampai-sampai membuat lawannya itu terheran-heran, bahkan bisa mengalahkan kemampuan Agnes baik dalam pelajaran maupun musik.

Piano, itulah alat musik dengan dentingan yang indah saat tutsnya dimainkan oleh seorang Angel. Berkat kemampuannya itu, ia dapat bergabung dalam klub musik yang dipimpin oleh bu Katrina. Usai jam pelajaran selesai, Angel dan temantemannya selalu menyisihkan waktu untuk berlatih piano di ruang musik, tentunya dengan arahan bu Katrina. Mereka berlatih untuk konser tim musik sekolah.

Singkat cerita, tiba-tiba tanpa diketahui oleh Angel, ayahnya jatuh pingsan dan harus dilarikan ke rumah sakit oleh pembantunya di rumah. Jantung, itulah sakit yang diderita oleh ayah Angel dan sudah pasti membuatnya sedih. Meskipun Agnes telah melarangnya ikut serta dalam konser itu, tetapi Angel tidak memperdulikannya. Ia telah berjanji kepada ayahnya, kalau ia akan menampilkan yang terbaik untuk ayahnya.

Hari konser pun tiba, Agnes dan teman-temannya ternyata telah mempersiapkan hal buruk untuk Angel. Di belakang panggung, ada rambut palsu dan baju compang camping bahkan robek dibeberapa bagiannya. Mereka menyuruh Angel untuk memakainya di atas panggung. Tanpa ada pilihan lain ia tetap harus memakainya, karena kalau tidak ia tidak diizinkan untuk tampil oleh mereka. Angel memang anak yang berhati mulia, demi janjinya dan untuk membuat Ayahnya bangga, ia melakukan semua yang Agnes perintahkan dengan air mata yang jatuh di pipinya. Mereka berpikir Angel akan ditertawakan oleh semua yang menyaksikan konser. Awalnya Angel berdiri di hadapan orang banyak, mereka semua terlihat heran. Namun,  setelah tuts piano ia mainkan, suasana nampak hening. Hingga berakhir dengan tepuk tangan meriah semua penonton yang menyaksikannya.

Ayah Angel menyaksikan putrinya dengan bangga dan menangis bahagia, anaknya telah menepati janji untuk tampil luar biasa di hadapan semua orang yang mungkin memandangnya sebelah mata. Angel langsung berlari menuruni panggung dan menuju tempat ayahnya. Tak tersadar air matanya pun mengalir saat memeluk erat ayahnya. Semua yang telah ayah ajarkan kepadanya, membuat Angel mengerti “Mengapa Ia berbeda dengan yang lainnya”. Angel percaya mereka yang terlahir dengan kekurangan sepertinya di dunia ini adalah mereka yang bahagia karena keterbatasannya.
Sumber: Niedanurul. (2013). Sinopsis Novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda”. Diakses 1 April 2014,
dari http://niedanurulwordpresscom/sinopsis-novel-ayah-mengapa-aku-berbeda/

KUNCI JAWABAN EVALUASI PELAJARAN BAHASA INDONESIA VII

A. Pilihan Ganda
1. b
2. d
3. b
4. a
5. b
6. b
7. d
8. b
9. a
10. d

B. Uraian
1. Sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama karangan asli yang menjadi dasar sinopsis. Resensi adalah ulasan panjang lebar. Hal yang diulas adalah isi (konten), gaya penulisan, dan lainnya.

2. Resensi itu mengulas buku (karya), meliputi menimbang, menilai, mengungkap, dan membahas suatu karya. Hal ini dilakukan untuk memberi gambaran yang “berisi” bagi para pembaca/penikmat karya. Pada resensi terdapat sinopsis, ulasan, dan rekomendasi berupa saran bagi pembaca untuk membaca buku tersebut atau menonton film ini.

3. Berikut adalah ciri-ciri sinopsis.
a. Alur/plot/jalan cerita sebaiknya disusun secara kronologis dan tepat. Alur sinopsis sebaiknya sama dengan alur aslinya.
b. Bahasa yang digunakan mengutamakan aspek persuasif.
c. Terdapat ajakan/rangsangan/motivasi bagi calon pembaca, untuk membaca buku tersebut.
d. Menampilkan konflik yang menarik secara singkat.
e. Membuat calon pembaca penasaran.

4. Jenis Resensi Menurut Sifatnya
a. Informatif
b. Deskriptif
c. Deskriptif-Evaluatif
d. Deskriptif-Komparatif

5. Unsur intrinsik Novel “Ayah Mengapa Aku Berbeda?”
a. Tema
Kisah pilu seorang gadis tuna rungu yang menjalani hidupnya dengan penuh semangat dan kesabaran, walaupun cacian selalu menghampiri perjalanan hidupnya.

b. Alur
Alur yang digunakan adalah alur maju.

c. Tokoh dan Penokohan
  • 1) Angel
Tokoh utama dalam cerita yang ada di novel tersebut menceritakan bahwa sosok Angel adalah seorang gadis yang tidak mudah putus asa, penyabar, dan baik hati.
  • 2) Ayah Angel
Ayah yang berperan menjadi sosok penyemangat anaknya yang bernama Angel itu memiliki sifat sabar, penuh semangat, berwibawa, dan baik hati.
  • 3) Hendra
Hendra sebagai teman Angel yang selalu menemani Angel dalam kisah pahit hidup Angel. Hendra cukup baik hati dan peduli pada temannya.
  • 4) Agnes
Tokoh antagonis. Dia memiliki sifat yang tidak mempunyai hati, jahat, tidak mau kalah dan tidak peduli pada keadaan orang. Dia selalu berprilaku kasar pada Angel.
  • 5) Bu Katrina
Guru Angel yang sangat baik hati.

d. Sudut Pandang
Sudut pandang yang digunakan oleh pengarang menggunakan kata ganti orang pertama. Dilihat dari kalimat yang menggunakan kata aku dalam setiap ceritanya. Misalnya dalam kalimat: Sayangnya aku terlahir dengan keadaan tuli.

e. Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa yang mengikuti perkembangan zaman sekarang (modern) dan sesuai dengan kondisi masyarakat sekarang sehingga novelnya dapat dengan mudah dimengerti.

f. Amanat
Banyak sekali pesan yang disampaikan melalui novel tersebut. Perjuangan hidup Angel yang sangat mengharukan bisa mendorong kita untuk tidak mudah berputus asa dalam menjalani hidup walaupun memiliki banyak kekurangan.