Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli - Pada pembahasan materi ekonomi kali ini akan membahas mengenai pengertian manajemen menurut para ahli yang terbagi menjadi tiga hal yakni, Manajemen sebagai Suatu Proses, Manajemen sebagai Kolektivitas Orang-Orang yang Melakukan Aktivitas Manajemen, Sebagai Suatu Seni dan Ilmu Pengetahuan, untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pada pukul berapakah kamu bangun tidur? Apa sajakah akitivitasmu setelah bangun tidur hingga kamu siap berangkat ke sekolah? Dari sekian aktivitas kamu di pagi hari, adakah aktivitas yang terlupa? Apabila dari bangun tidur hingga berangkat ke sekolah kamu dapat melakukan kegiatan tanpa tergesa-gesa dan hasilnya tidak mengecewakan berarti kamu telah melakukan manajemen yang baik. Sekarang bagaimanakah penerapan manajemen dalam perusahaan? Siapakah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan sistem manajemen tersebut? Simak materi dalam website ini hingga kalian dapat menemukan jawabannya. Secara umum istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu sebagai berikut.

a. Manajemen sebagai Suatu Proses

Dalam Encyclopedia Of The Social Science, dikatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses dan dengan proses itu pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Pengertian Manajemen Badan Usaha Menurut Para Ahli
Pengertian Manajemen Badan Usaha Menurut Para Ahli

Menurut Haimann, manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain, dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan George R. Terry mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Apabila kita perhatikan dari ketiga definisi di atas, maka akan tampak bahwa terdapat tiga hal yang penting yang terkandung pada pengertian manajemen, yaitu sebagai berikut.
1) Adanya tujuan yang ingin dicapai.
2) Tujuan dicapai dengan mempergunakan kegiatan orang-orang lain.
3) Kegiatan-kegiatan orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.

b. Manajemen sebagai Kolektivitas Orang-Orang yang Melakukan Aktivitas Manajemen 

Manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Dengan kata lain, segenap orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajer. Manajer merupakan pejabat yang bertanggung jawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen, agar tujuan unit yang dipimpinnya tercapai, dengan menggunakan bantuan orang lain termasuk aktivitas-aktivitas manajemen antara lain perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian, dan pengawasan. Aktivitas-aktivitas tersebut sering disebut proses manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bahkan ada yang menyebut unsur-unsur manajemen.

c. Sebagai Suatu Seni dan Ilmu Pengetahuan

Manajemen merupakan suatu seni atau suatu ilmu. Mengenal hal ini pun sebenarnya belum ada keseragaman pendapat. Segolongan tertentu mengatakan bahwa manajemen itu adalah seni, golongan lain berpendapat bahwa manajemen itu adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat tersebut sama-sama mengandung kebenaran.

Chester I Bernard dalam bukunya The Function of the Brecutive mengakui bahwa manajemen itu adalah seni dan juga sebagai ilmu. Demikian pula Henry Fayol, Alfin Brown Harold Koontz, Cryil O’Donnel, dan George R. Terry beranggapan bahwa manajemen itu adalah ilmu, sekaligus sebagai seni.

Manajemen sebagai seni berfungsi mencapai tujuan yang nyata untuk mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan gejala-gejala, kejadian-kejadian, dan keadaan-keadaan yang ada.

Unsur keilmuan merupakan kumpulan pengetahuan tertentu, seperti dinyatakan oleh peraturan-peraturan atau pernyataan-pernyataan umum, dan dipertahankan oleh berbagai tingkat ujian dan penyelidikan. Unsur seni adalah pemakaian pengetahuan tersebut pada suatu situasi tertentu. Dengan pengalaman-pengalaman dalam pemakaian akan menjadi pembawaan, perkiraan suatu indra keenam, dan keahlian yang bersifat intuisi.

Dalam kehidupan nyata sehari-hari, manajemen benar-benar melakukan kedua fungsi tersebut, yaitu selain sebagai ilmu, juga sebagai seni, sehingga dapat didefinisikan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, serta pengarahan dan pengawasan terhadap sumber daya manusia, untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli yang terbagi menjadi tiga hal utama yaitu, Manajemen sebagai Suatu Proses, Manajemen sebagai Kolektivitas Orang-Orang yang Melakukan Aktivitas Manajemen, Sebagai Suatu Seni dan Ilmu Pengetahuan, selamat belajar!