Paragraf merupakan seperangkat kalimat yang berkaitan erat antara yang satu dengan kalimat yang lain. Kalimat-kalimat tersebut disusun menurut aturan tertentu, sehingga makna yang dikandungnya dapat dibatasi, dikembangkan, dan diperjelas. berikut ini adalah ciri-ciri atau karakteristik paragraf yang baik.
Dalam suasana hening, hasil belajar akan mantap. Itulah alasan mengapa lokasi dan ruang belajar didesain sedemikian cermat. Asrama yang dihuni oleh banyak siswa atau mahasiswa diusahakan agak terpisah dari kebisingan lalu lintas dan dicarikan tempat yang berlingkungan lebih aman. Ruang-ruang kelas dijauhkan dari lapangan basket dan anak-anak main pingpong. Kapan penghuni asrama dengan bebas boleh menyetel televisi, tape recorder, dan radio diatur.
Tamu atau masyarakat luar asrama dibatasi. Motor dan mobil tidak diizinkan masuk asrama pada pagi hari. Siswa dilarang makan pagi lewat pukul setengah tujuh dan izin memainkan alat musik hanya diberikan pada jam-jam istirahat.
a. Menentukan kalimat topik.
b. Menentukan Kalimat penjelas.
c. Menentukan kalimat-kalimat pengembang.
d. Menentukan kalimat kesimpulan.
Contoh:
Sejak kepala sekolah pindah, tanggung jawab Pak Umar semakin berat. Tugas-tugas membimbing guru muda dibebankan kepadanya. Penyelesaian program perluasan sekolah pun harus ia tangani juga. Kelestarian berlangsungnya iklim persaingan antarsiswa ada di tangannya. Rencana pertemuan rutin antara orang tua siswa dengan pihak sekolah yang sudah lama dipersiapkan harus ia laksanakan pula. Sekarang, Pak Umar benar-benar menjadi tumpuan harapan sekolah.
- Setiap paragraf mengandung makna, pesan, pikiran, atau ide pokok yang relevan dengan ide pokok keseluruhan karangan. Dalam setiap paragraf hanya ada satu pokok pikiran.
- Pada umumnya, paragraf dibangun oleh sejumlah kalimat.
- Pargraf adalah satu kesatuan ekspresi pikiran.
- Pargraf adalah kesatuan yang koheren dan padu.
- Kalimat-kalimat dalam paragraf tersusun secara logis dan sistematis.
1. Menentukan Tingkat Kekohesian dan Kekoherenan Paragraf
Coba Anda perhatikan paragraf berikut ini! Selanjutnya, tentukan tingkat kekohesian dan kekoherenan dalam paragraf tersebut dan masukkan dalam format berikut ini! Salinlah di buku tugas Anda!Mengaplikasikan Aspek Kohesi dan Koherensi pada Paragraf |
Dalam suasana hening, hasil belajar akan mantap. Itulah alasan mengapa lokasi dan ruang belajar didesain sedemikian cermat. Asrama yang dihuni oleh banyak siswa atau mahasiswa diusahakan agak terpisah dari kebisingan lalu lintas dan dicarikan tempat yang berlingkungan lebih aman. Ruang-ruang kelas dijauhkan dari lapangan basket dan anak-anak main pingpong. Kapan penghuni asrama dengan bebas boleh menyetel televisi, tape recorder, dan radio diatur.
Tamu atau masyarakat luar asrama dibatasi. Motor dan mobil tidak diizinkan masuk asrama pada pagi hari. Siswa dilarang makan pagi lewat pukul setengah tujuh dan izin memainkan alat musik hanya diberikan pada jam-jam istirahat.
2. Menentukan Pemarkah Kohesi dan Koherensi dalam Paragraf
Alat penanda atau pemarkah kohesi dan koherensi dalam paragraf dapat berupa kata dan kelompok kata. Permarkah-pemarkah tersebut sangat antara lain sebagai berikut.- Penanda hubungan kelanjutan, misalnya: dan, lagi, serta, lagi pula, dan tambahan lagi.
- Penanda hubungan urutan waktu, misalnya: dahulu, kini, sekarang, sebelum, setelah, sesudah, kemudian, sementara itu, dan sehari kemudian.
- Penanda klimaks, misalnya: paling, se-nya, dan ter-.
- Penanda perbandingan, misalnya: sama, seperti, ibarat, bak, dan bagaikan.
- Penanda kontras, misalnya: tetapi, biarpun, walaupun, dan sebaliknya.
- Penanda ilustrasi, misalnya: umpama, contoh, dan misalnya.
- Penanda sebab-akibat, misalnya: karena, sebab, dan oleh karena.
- Penanda kesimpulan, misalnya: kesimpulan, ringkasnya, garis besarnya, dan rangkuman.
3. Menyusun Paragraf yang Kohesif dan Koheren
Paragraf adalah satu kesatuan ekspresi yang terdiri atas seperangkat kalimat yang digunakan oleh seorang pengarang sebagai alat untuk menyatakan dan menyampaikan jalan pikirannya kepada para pembaca. Oleh karena itu, menyusun paragraf yang kohesif dan koherensif berarti harus memenuhi kriteria ciri-ciri paragraf yang efektif seperti yang dijelaskan pada penjelasan sebelumnya. Untuk memenuhi karakteristik tersebut, langkah-langkah menyusun paragraf yang baik adalah sebagai berikut.a. Menentukan kalimat topik.
b. Menentukan Kalimat penjelas.
c. Menentukan kalimat-kalimat pengembang.
d. Menentukan kalimat kesimpulan.
Contoh:
Sejak kepala sekolah pindah, tanggung jawab Pak Umar semakin berat. Tugas-tugas membimbing guru muda dibebankan kepadanya. Penyelesaian program perluasan sekolah pun harus ia tangani juga. Kelestarian berlangsungnya iklim persaingan antarsiswa ada di tangannya. Rencana pertemuan rutin antara orang tua siswa dengan pihak sekolah yang sudah lama dipersiapkan harus ia laksanakan pula. Sekarang, Pak Umar benar-benar menjadi tumpuan harapan sekolah.