SEJARAH DAN DASAR KESELAMATAN KERJA

SEJARAH KESELAMATAN KERJA - Masalah keselamatan kerja dan kecelakaan telah ada sejak jaman kuno, seiring dengan kehidupan manusia yaitu sejak manusia bekerja, suatu catatan kuno
menerangkan hal tersebut.

Hamurabi (raja Babilonia) abad ke -17 S.M. mengatur dalam undang-undang di negaranya tentang hukuman bagi ahli bangunan yang hasilnya mendtangkan bencana. Kemudian berkembang pada jaman Mozai (lima abad setelah masa itu) keselamatan ini meluas ke Yunani, Romawi dan lain-lain.

Sejarah Keselamatan Kerja

Gerakan pencegahan kecelakaan timbul ketika terjadi kecelakaan kerja dalam industry sekitar 150 tahun yang lalu, sewaktu terjadi revolusi industry di Inggris.Gerakan tersebut bertujuan melindungi buruh-buruh pabrik (terutama anak-anak) yang sering bekerja pada keadaan yang sangat buruk, seperti putus tangan atau jari, penyakit berat dan kerusakan moraI.Dimana pada abad 18 (tahun 1978) buruh bekerja tanpa diketahui, tanpa perlindungan dan dilupakan orang, pada kondisi tidak sehat selama 14-15jam/hari.
Sejarah Keselamatan Kerja
Sejarah Keselamatan Kerja

Tahun 1802 lahir undang-undang yang melindungi kesehatan dan moral tenaga kerja, kemudian diubah tahun 1833 dan menciptakan inspektorat pengawasan dan aparat pemerintah dan selanjutnya tahun 1844 undang-undang tersebut ditambah kewajiban pengawasan mesin, penyediaan pengaman dan wajib lapor kecelakaan.

Louis Reno Villerne (ahli statistic) menguraikan bahwa di Prancis tahun 1840 anak-anak berusia 6-8 tahun bekerja sambil berdiri selama 16-17 jam/hari. Pencegahan kecelakaan berkembang, Engel Dullfus (1867), mendirikan ikatan pencegahan kecelakaan dan pertukaran pengalaman dalam hal keselamatan.

Pada tahun 1841 di Perancis muncul undang-undang yang pertama tentang perusahaan yang memberikan ketentuan tentang system pengawasan. Di Prusia, undang-undang keselamatan muncul tahun 1839, selanjutnya tahun 1845 ditambah pengawasan medis pada perusahaan. Kemudian undang-undang asuransi kecelakaan muncul pada tahun 1884. Di Belgia undang-undang keselamatan lahir tahun 1810, di Denmark dan Swiss lahir tahun 1849, tetapi baru efektif tahun 1873 di Denmark dan tahun 1877 di Swiss. Sejarah Keselamatan Kerja.

Di Amerika Serikat, Negara bagian Massachussets adalah Negara bagian pertama yang memiliki undang-undang pencegahan kecelakaan yaitu tahun 1877, disusul Ohio tahun 1888, Messouri tahun 1891 dan Rhode Island tahun 1896. Sedangkan untuk kompensasi kecelakaan yang dibayar oleh lembaga asuransi muncul pertama kali di Jerman tahun 1884.

Pada tahun 1889 atas gagasan Dollfus diterbitkan album tentang cara-cara keselamatan kerja, kemudian disusul tahun 1895 dengan terbitan kedua yang mengalami perbaikan-perbaikan. Pada saat bersamaan diselenggarakan kongres-kongres internasional di Paris tahun 1889, di Bern tahun 1891, di Milan tahun 1894, dengan tujuan saling memberikan pengalaman tentang keselamatan.

Sejarah Terbentuknya Ikatan-ikatan Keselamatan

Sejarah Terbentuknya Ikatan-Ikatan Keselamatan- Organisasi keselamatan tertua di dunia Ikatan Pencegahan Kecelakaan Mellhouse (Mellhouse Accident Prevention Association) yang didirikan tahun 1867 di Perancis. Kemudian disusul Negara-negara di Eropa yaitu:
  1. Di Belgia (th 1890); Ikatan Pengusaha Belgia untuk pencegahan Kecelakaan (Belgian Manufactures Association for the Prevention of Industrial Accident). Sedangkan di Italia (th 1890).
  2. Di Swedia (1905), Ikatan Perlindungan Tenaga Kerja Swedia (Swedish Workers Protection Association).
  3. Di Inggris (Pra Perang dunia I), Ikatan Pengutamaan Keselamatan Nasional Inggris (British National Safety Association) yang sekarang menjadi Masyarakat Kerajaan untuk pencegahan Kecelakaan (Royal Sociaty for the Prevention of Accident).
  4. Di USA (th 1913), Dewan Keselamatan Nasional (National Safety Councl of United States).
  5. Di Cuba (1936), Dewan Nasional Keselamatan Kuba (Cuban National Safety Council).
  6. Di Afrika (1936), Ikatan Pengutamaan Cape Province.
  7. Di Jepang (1928). Masyarakat Kesejahteraan Industri Jepang (Japanese Industrial Welfare Society) Australia dan New Sauth Wales (1927), Ikatan Pengutamaan Keselamatan Australia dan Ikatan Pengutamaan Keselamatan New South Wales.
Selanjutnya muncul lembaga untuk pengujian bahan dan peralatan industry dan lembaga untuk riset dan penelitian dalam bidang teknologi fisiologi dan psikologi.

Sekian pembahasan tentang Sejarah Keselamatan Kerja dan Sejarah Terbentuknya Ikatan-ikatan Keselamatan semoga dapat bermanfaat,