Pembiakan Vegetatif dengan Okulasi (Budding)

Pembiakan Vegetatif dengan Okulasi (Budding) - Teknologi memang dapat menciptakan sesuatu yang baru dan apabila teknologi ini dipadukan dengan seni, hasilnya akan lebih mempesona lagi. Hal ini dapat dilakukan pada tanaman, suatu pohon mangga biasanya mempunyai lebih dari satu macam buah, misanya mangga arumanis, gadung, golek dan sebagainya. Dapat juga dalam satu pohon mempunyai daun yang berbeda-beda.
Pembiakan Tanaman Vegetatif dengan Okulasi (Budding)
Pembiakan Tanaman Vegetatif dengan Okulasi (Budding)

Misalnya jambu biasa mempunyai daun jambu kerikil yang ukurnya kecil-kecil dapat dipadukan dengan jambu arigot yang daunnya berpinggiran putih. Perpanduan tanaman demikian tentunya sangat menarik dan akan mempunyai harga yang sangat mahal. Hal demikian biasanya terjadi karena merupakan hasil dari okulasi (Wudianto, 2002). Okulasi sering juga disebut dengan menempel, Oculatie (Belanda) atau Budding (Inggris). Cara memperbanyak tanaman dengan okulasi mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan stek dan cangkok.

Pembiakan Tanaman Vegetatif dengan Okulasi (Budding)

Kelebihannya dari hasil okulasi mempunyai mutu lebih baik dari pada induknya. Bisa dikatakan demikian karena okulasi dilakukan pada tanaman yang mempunyai perakaran yang baik dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit dipadukan dengan tanaman yang mempunyai rasa buah yang lezat, tetapi mempunyai perakaran kurang baik. Tanaman yang mempunyai perakaran baik digunakan sebagai batang bawah. Sedangkan tanaman yang mempunyai buah lezat diambil mata tunasnya untuk ditempelkan pada batang bawah dikenal dengan sebutan batang atas. Sama halnya dengan enten, okulasi ini biasanya menggunakan batang bawah dan batang atas dari satu spesies atau dari satu varietas.

Penyambungan tanaman dari satu varietas atau dari satu spesies memang dapat dilakukan tanpa mengalami kesukaran. Lain halnya dengan okulasi yang dilakukan antar spesies biasanya agak mengalami kesukaran. Hal demikian di karenakan antarbatang atas dan batang bawah kadang-kadang terdapat perbedaan fisiologis. Perbanyakan tanaman dengan cara okulasi paling banyak dilakukan dalam perkebunan terutama pada perkebunan karet dan kakao.

Beberapa kelebihan dari perbanyakan tanaman dengan cara okulasi yaitu :

  • Dengan cara diokulasi dapat diperoleh tanaman yang dengan produktifitas yang tinggi. Pertumbuhan tanaman yang seragam. Penyiapan benih relatif singkat.
  • Satu klon agar serentak pada waktu tertentu, dengan demikian akan memudahkan pengendalian penyakit Oidium hevea bila terjadi.

Kelemahan dari perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan cara okulasi yaitu :

  • Terkadang suatu tanaman hasil okulasi ada yang kurang normal terjadi karena tidak adanya keserasian antara batang bawah dengan batang atas (entres).
  • Perlu menggunakan tenaga ahli untuk pengokulasian ini. Bila salah satu syarat dalam kegiatan pengokulasian tidak terpenuhi, kemungkinan gagal atau mata entres tidak tumbuh.

Syarat tanaman dapat diokulasi yaitu :

  • Tanaman tidak sedang Flush (sedang tumbuh daun baru)
  • Antara batang atas dan batang bawah harus memiliki umur yang sama.
  • Tanaman harus masih dalam satu family atau satu genus.
  • Umur tanaman antara batang atas dan batang bawah sama.
  • Pada klon yang dijadikan batang bawah memiliki perakaran yang kuat/kokoh, tidak mudah terserang penyakit terutama penyakit akar, memiliki biji/buah yang banyak yang nantinya disemai untuk dijadikan batang bawah, umur tanaman induk pohon batang bawah yang biji/buahnya akan dijadikan benih untuk batang bawah minimal 15 tahun, memiliki pertumbuhan yang cepat.
  • Pada klon yang akan dijadikan batang atas atau entres tanaman harus memiliki produksi yang unggul, dan memiliki pertumbuhan yang cepat, dan tahan terhadap penyakit.

Macam-macam okulasi pada tanaman karet :

  • Okulasi Coklat (Brown Budding) merupakan okulasi dilaksanakan diperkebunan karet. Dengan batang bawah berumur 8-18 bulan diokulasi dengan entres umur 1-2 tahun, dengan garis tengah 2,5-4 cm. Warna kayuentres coklat, yang dipergunakan adalah mata prima yang berwarna coklat.
  • Okulasi Hijau (Green Budding) merupakan cara okulasi yang lazim dilaksanakan diperkebunan karet. Dengan batang bawah yang berumur 4-6 berumur 3-4 bulan, garis tengah 0,5-1 cm, warna kayu entres hijau tua, yang dipergunakan adalah mata burung yang berwarna hijau.
  • Okulasi dini (Pro Green Budding) merupakan cara okulasi dengan batang bawah berumur 2-3 bulan, diokulasi dengan entres umur 3-4 minggu, garis tengah kurang dari 0,5 cm warna kayu entres hijau muda sampai hijau. Yang dipergunakan sebagai mata entres adalah mata sisik (csale bud). Teknik pengokulasian pada okulasi dini sama saja dengan yang dilakukan pada okulasi hijau. Hasi dari okulasi sama dengan yang dicapai okulasi hijau maupun okulasi coklat.

Teknik Mengokulasi

a) Buat bidang okulasi pada batang bawah dengan lebar 1.5 cm, dan panjang 2-3 cm, usahakan pembuatan pembuatan bidang okulasi dibuat pada ketinggian ± 20 cm dari permukaan tanah.

b) Ambil mata entres yang telah dipotong 2-3 cm, dan belah 1/3 nya, pada saat pembelahan mata entres usahakan kulit kita jangan mengenai kulit cambium, karena jika mengenai kulit cambium kita akan membawa bakteri yang akan mengganggu tumbuhnya mata entres.

c) Tempelkan mata entres ke bidang okulasi yang telah kita buat. Kemudian dengan mengunakan plastic polietilen/plastic es, usahakan pengikatannya dimulai dari bawah ke atas. Seperti susunan genteng, dengan tujuan air tidak masuk ke mata entres yang kita tempelkan. Pengikatannya jangan ditarik terlalu kuat, yang di khawatirkan akan mematahkan mata entresnya.

d) Setelah bibit selesai di okulasi kita dapat pindahkan ke tempat persemaian bibit/nursery. Dengan tujuan kita dapat mengontrol perkembangan tanaman yang telah okulasi.

e) Setelah dua minggu kemudian mata entres sudah dapat kita lihat, jika mata entresnya berwarna hijau segar maka okulasi yang kita lakukan dikatakan berhasil.

f) Kemudian setelah 21 hari hingga 1 bulan kemudian jika mata entres masih berwarna hijau segar maka plastik es pengikat dapat kita buka. Dan diatas mata entres, batang bawahnya kita kerat setengahnya dan di rundukkan, dengan tujuan memperkecil pasokan makanan keatas pucuk daun batang bawah. Adapun tujuan agar tidak memotong batang bawah secara keseluruhan adalah agar batang bawah masih bias berfotosintesis.

g) Kemudian setelah dua minggu kemudian, bagian batang bawah yang kita rundukkan dapat kita potong miring, dengan tujuan agar pada saat hujan turun atau saat kita melakukan penyiraman air tidak langsung mengenai pada mata entres yang kita tempelkan.

h) Setelah 3-4 bulan kemudian bibit hasil okulasi telah dapat menanaminya di lahan.

Adapun keunggulan dari perbanyakan tanaman dengan okulasi ialah sebagai berikut :
  1. Lebih cepat berbuah
  2. Bibit yang dihasilkan 100% meniru sifat induknya yang unggul.
Kelemahannya adalah sbb:
  1. Mewarisi penyakit yang sama induknya
  2. Umurnya relatif lebih pendek