Evaluasi Pelajaran Bahasa Indonesia 1
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e.1. Lingkungan dapat dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Berikut contoh lingkungan biotik yaitu ….
a. udara
b. air
c. tumbuhan
d. meja
e. kursi
Evaluasi Pelajaran Bahasa Indonesia 1 dan Jawaban |
2. Unsur kalimat yang berupa kata-kata yang dapat dituliskan disebut unsur ….
a. segmental
b. suprasegmental
c. semi segmental
d. semi suprasegmental
e. campuran
3. Kata berikut yang merupakan klutser yaitu ….
a. sekolah
b. bersih
c. siswa
d. senang
e. belajar
4. Kata berikut yang bukan termasuk diftong, yaitu ….
a. kalau
b. bergurau
c. sampai
d. kau
e. tertawa
5. Unsur yang mengiringi pengucapan kata-kata yang hanya bisa disuarakan, tetapi tidak bisa dituliskan, seperti lafal, intonasi, dan jeda disebut ….
a. segmental
b. suprasegmental
c. semi segmental
d. semi suprasegmental
e. campuran
6. Apa yang dimaksud bunyi frikatif?
a. bunyi yang dihasilkan apabila arus udara melewati saluran sempit sehingga mengeluarkan bunyi sengau
b. bunyi yang dihasilkan apabila arus udara melewati saluran sempit sehingga mengeluarkan bunyi desis
c. bunyi yang dihasilkan apabila arus udara melewati saluran sempit sehingga mengeluarkan bunyi yang jelas
d. bunyi yang dihasilkan apabila arus udara melewati saluran sempit sehingga mengeluarkan bunyi samar-samar
e. bunyi yang dihasilkan apabila arus udara melewati saluran sempit sehingga mengeluarkan bunyi dengung
7. Dalam pengucapan bunyi-bunyi konsonan tertentu sebagian orang sering mengalami kesulitan misalnya /f/ dilafalkan /p/. Hal ini dipengaruhi oleh ….
a. dialek
b. idiolek
c. dialek dan idiolek
d. dialog
e. dialog dan dialeg
8. Penyajian singkat dari karangan asli dengan tetap memperlihatkan urutan isi disebut ….
a. simpulan
b. penutup
c. resensi
d. ringkasan
e. catatan
9. Sebelum menyusun sebuah teks, Anda harus menentukan tema. Tema dapat diartikan sebagai ….
a. pokok pikiran yang dijadiakan acuan dalam penyusunan teks
b. judul yang dijadiakan acuan dalam penyusunan teks
c. kalimat yang dijadiakan acuan dalam penyusunan teks
d. pokok yang dijadiakan acuan dalam penyusunan teks
e. gagasan yang dijadiakan acuan dalam penyusunan teks
10. Jeda yang berarti berhenti untuk menandai adanya koma atau titik adalah ….
a. (/)
b. (//)
c. (///)
d. (////)
e. (/////)
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas.
1. Jelaskan yang dimaksud unsur segmental dan unsur suprasegmental.
2. Apa yang dimaksud diftong? Jelaskan dan beri contoh.
3. Frikatif dibagi menjadi dua macam. Sebutkan dan jelaskan dengan contoh.
4. Perhatikan cuplikan teks berikut.
Kalau RSL diterapkan di Jakarta, dipastikan Jakarta tidak perlu mengotakatik tata ruang kota atau mengambil lahan daerah lain. Arsitek dan Insinyur Tekhnologi BPPT, Diploma Inggris, Ir H. B. Henky Sutanto menjelaskan Reusable Sanitary Landfill ( RSL) adala h sebua h sistem pe n gol aha n sampah yang berkesinambungan dengan menggunakan metode Supply Ruang Penampungan Sampah Padat. RSL diyakini Henky bisa mengontrol emisi liquid, atau air rembesan sehingga tidak mencemari air tanah.
Sistem ini mampu mengontrol emisi gas metan, karbondioksida atau gas berb ahaya lainnya akib at pro se s pem adatan sampah. RS L juga bisa mengontrol populasi lalat di sekitar tempat pembuangan air. Hal ini dapat mencegah penebaran bibit penyakit. Cara kerja RSL adalah sampah ditumpuk dalam satu lahan. Lahan tempat sampah tersebut sebelumnya digali dan tanah liatnya dipadatkan. Lahan ini disebut ground liner. Usa i tanah liat dipadatkan, tanah kemudian dilapisi dengan geo membran, lapisan mirip plastik berwarna yang dengan ketebalan 2,5 milimeter yang terbuat dari High Density Polyitilin, salah satu senyawa minyak bumi.
Lapisan inilah yang nantinya akan menahan air lindi (air kotor yang berbau yang berasal dari sampah), sehingga tidak akan meresap ke dalam tanah dan mencemari air tanah. Di atas lapisan geo membran dilapisi lagi geo textile yang gunanya memfilter kotoran sehingga tidak bercampur dengan air lindi. Secara berkala air lindi ini dikeringkan.
5. Perhatikan cuplikan teks di bawah.
Siap untuk melakukan aksi nyata? Banyak aksi yang bisa kita lakukan. Dalam bidang pangan misalnya. Anda bisa menanam pangan Anda sendiri. Jadi, Anda akan lebih dekat dengan alam. Kurangi lemak dan konsumsi sayuran lebih banyak. Terapkan pola pertanian organik yang bebas pestisida yang selain berdampak positif bagi tanah, air, dan udara, juga pada kelestarian habitat hewan liar, seperti lebah penyerbuk dan serangga.
Soal air bersih? Tampung air hujan dalam wadah terpisah. Gunakan untuk menyiram tanaman dan keperluan-keperluan lain. Lakukan praktik daur ulang. Ciptakan rumah yang ramah lingkungan. Hemat dalam konsumsi pangan dan pakaian. Pakaian berfungsi sebagai penutup aurat dan pelindung tubuh. Namun, seberapa penting sih sebenarnya mengikuti mode yang terus berubah? Tidak bergaya, tidak bakal mati kok, kecuali kalau kehabisan air bersih dan pangan.
Masalah kesehatan. Beralih ke pengobatan alami yang tidak hanya bisa menyembuhkan diri Anda, tetapi juga menyembuhkan lingkungan sekitar Anda. Terakhir, sepanjang umur Anda, mari, Anda tinggalkan semua perilaku buruk yang merusak sumber daya alam dan spesies di muka bumi, termasuk manusia!
Dari cuplikan teks di atas, pesan apa yang disampaikan penulis kepada pembaca? Coba, buatlah sebuah simpulan dengan kalimat Anda sendiri.
KUNCI JAWABAN EVALUASI PELAJARAN 1
A. Pilihan Ganda
1. c
2. a
3. d
4. e
5. b
6. b
7. c
8. d
9. a
10. b
B. Uraian
1. Unsur segmental adalah unsur kalimat yang berupa kata-kata yang dapat dituliskan, sedangkan unsur suprasegmental merupakan unsur yang mengiringi pengucapan katakata yang hanya bisa disuarakan, tetapi tidak bisa dituliskan, seperti lafal, intonasi, dan jeda.
2. Diftong merupakan dua huruf vokal yang melambangkan satu bunyi yang tidak dapat dipisahkan. Adapun bunyi diftong tersebut adalah ai, au, oi. Bunyi diucapkan satu hembusan nafas. Diftong ai bukan a dan i, menggulai (kambing) bukan menggulai (teh).
Contoh:
harimau
ramai
koboi
3. Konsonan frikatif bersuara adalah /z/, sedangkan konsonan frikatif tak bersuara adalah / f /, / s /, / x / dan / h /.
Contoh:
Frikatif bersuara: zaman, izin, zakat.
Frikatif tak bersuara: fabel, hujan, deras.
4. Kata kerja dalam teks: diterapkan, dipastikan, mengotak-atik, mengambil, menjelaskan,
menggunakan, diyakini, mengontrol, mencemari, mencegah, digali, dipadatkan, dilapisi,
menahan, meresap, mencemari, dan dikeringkan.
5. Jawaban sesuai dengan kreativitas siswa.