Evaluasi Pelajaran Bahasa Indonesia 4 dan Jawaban

Evaluasi Pelajaran Bahasa Indonesia 4 dan Jawaban

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e.
1. Sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasa diterbitkan bersama-sama dengan ….
a. karangan asli
b. resensi buku
c. judul buku
d. kesimpulan isi buku
e. biografi penulis

2. Berkali-kali Joddy mencari pengobatan alternatif, tetapi tak satu pun yang dapat menolong Keke. Kalimat di atas menunjukkan bahwa tokoh Joddy adalah seorang ayah yang ….
a. baik
b. tidak mudah menyerah
c. ramah
d. lembut
e. hampir putus asa

3. Sinopsis yang berkualitas adalah suatu ringkasan yang singkat, tetapi mampu menjelaskan ….
a. tokoh
b. alur
c. latar
d. cerita yang menarik
e. cerita secara keseluruhan
Evaluasi Pelajaran Bahasa Indonesia 4 dan Jawaban
Evaluasi Pelajaran Bahasa Indonesia 4 dan Jawaban

4. Novel karya Andrea Hirata setelah Laskar Pelangi secara berturut-turut adalah ….
a. S ang Pemimpin, Endesor, Maryamah Karpov
b. S ang Pemimpi , Endesors, Maryamah Karpov
c. Sang Pemimpin, Endesors, Maryamah Karpov
d. Sang Pemimpi, Endesor, Maryamah Karpov
e. Sang Pemimpi, Endesor, Maryamah Karpovs

5. Sudut pandang yang digunakan dalam novel Laskar Pelangi adalah ….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama pelaku sampingan
c. orang kedua pelaku utama
d. orang ketiga pelaku sampingan
e. orang ketiga pelaku utama

6. Dalam novel Laskar Pelangi pelaku utamanya adalah ….
a. Lintang
b. Syahdan
c. Kucai
d. Borek
e. Ikal

7. Namun, cita-citanya menjadi seorang ahli matematika harus terpangkas dengan tuntutan membantu orang tua menafkahi keluarga. Terlebih saat ayahnya meninggal. Kutipan di atas menggambarkan tokoh ….
a. Lintang
b. Syahdan
c. Kucai
d. Borek
e. Ikal

8. Nyoman: “Gusti Biang, ini air daun belimbing dan bubur ayam yang sengaja tiyang buatkan untuk Gusti.” Watak tokoh Nyoman dalam cuplikan drama di atas adalah ….
a. galak
b. cuek
c. perhatian
d. pemarah
e. ramah

9. Anak-anak banyak yang tertangkap tetapi pada saat itu Muluk melihat kejadian itu dan mengaku kepada satpol pp bahwa dia adalah orang yang menyuruh anak-anak itu mengasong (bos mereka). Lalu Muluk dibawa pergi oleh satpol pp tersebut.

Dalam penggalan sinopsis novel tersebut tokoh Muluk digambarkan sebagai tokoh yang ….
a. rela mati
b. rela berkorban
c. penyabar
d. angkuh
e. pemarah

10. Bagian penutup sebuah cerita disebut ….
a. dialog
b. prolog
c. monolog
d. epilog
e. kramagung

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas.
1. Apa yang dimaksud sinopsis? Jelaskan.

2. Bagaimana langkah-langkah dalam membuat sinopsis novel, sinopsis drama, dan sinopsis film?

3. Buatlah sinopsis novel remaja.

4. Carilah unsur-unsur intrinsik dalam novel tersebut.
a. Tema
b. Tokoh
c. Penokohan
d. Alur
e. Latar
f. Sudut Pandang
g. Amanat

5. Buatlah sinopsis film remaja. Tulis dalam folio bergaris dan kumpulkan kepada guru Anda secara tepat waktu.



KUNCI JAWABAN EVALUASI PELAJARAN IV
A. Pilihan Ganda
1. a
2. b
3. e
4. d
5. a
6. e
7. a
8. c
9. b
10. d

B. Uraian
1. Menurut Pusat Bahasa (2008), sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu, bisa juga disebut ringkasan/abstraksi.

2. Langkah-langkah membuat sinopsis novel adalah sebagai berikut.
a. Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.
b. Mencatat gagasan utama dengan menggarisbawahi gagasan-gagasan yang penting.
c. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah kedua. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
d. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
e. Ringkasan/sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.

Langkah-langkah membuat sinopsis drama adalah sebagai berikut.
a. Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.
b. Mencatat gagasan utama dengan menggarisbawahi gagasan-gagasan yang penting.
c. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah kedua. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
d. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
e. Ringkasan/sinopsis drama tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan drama.

Langkah-langkah dalam membuat sinopsis film adalah sebagai berikut.
a. Saksikanlah film yang ingin Anda buat sinopsis.
b. Sambil menyaksikan, catatlah hal-hal penting yang ada dalam film tersebut.
c. Buatlah sinopsis dengan tetap memperhatikan urutan cerita.
d. Koreksi kembali hasil kerja Anda.

3. Jawaban sesuai kreativitas siswa.
4. Jawaban sesuai kreativitas siswa.
5. Jawaban sesuai kreativitas siswa.