Pengertian, Konsep dan Fungsi Bidang Manajemen Pemasaran

Pengertian Bidang Manajemen Pemasaran - Pada pembahasan materi ekonomi kali ini mengenai pengertian dari manajemen pemasaran, dimana pembahasannya meliputi konsep pemasaran dan fungsi dari pemasaran itu sendiri, untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam penjelasan berikut ini!

Pengertian Bidang Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan proses manajemen yang bertanggung jawab dalam mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan keinginan konsumen, namun tetap dalam kondisi menguntungkan. Tujuannya adalah untuk memastikan tercapainya penjualan dengan jumlah tertentu. Dengan demikian, target keuntungan perusahaan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik.
Pengertian, Konsep dan Fungsi Bidang Manajemen Pemasaran
Pengertian, Konsep dan Fungsi dari Bidang Manajemen Pemasaran

Adapun konsep manajemen pemasaran ada dua, yaitu konsep pemasaran dan penjualan.

a. Konsep Pemasaran (fire Marketing Concept)
Konsep pemasaran merupakan orientasi manajemen yang beranggapan, bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepuasan konsumen. Dalam konsep pemasaran, volume penjualan yang menguntungkan merupakan tujuannya, tetapi laba yang diperoleh dari volume penjualan tersebut tetap berprinsip pada kepuasan konsumen.

b. Konsep Penjualan (The Selling Concept)
Konsep penjualan berbeda dengan konsep pemasaran dalam hal orientasinya. Dasar pemikiran dalam konsep penjualan adalah sebagai berikut.
  1. Tujuan utama perusahaan adalah mencapai volume penjualan setinggi-tingginya.
  2. Menarik konsumen untuk membeli hasil produksi dengan berbagai cara.
  3. Memotivasi para konsumen supaya tertarik untuk membeli lagi.
Perusahaan yang menganut konsep penjualan, lebih mementingkan volume penjualan daripada kepuasan konsumen. Untuk mencapai tingkat volume penjualan yang cukup tinggi, penjual kadang kala tidak segan—segan untuk menggunakan cara yang kurang jujur dalam memengaruhi konsumen.

Ditinjau dan segi prosesnya, fungsi pemasaran ada beberapa macam, antara lain pembelian, pemilihan, pengangkutan, pembungkusan, penggudangan, pembelanjaan, periklanan, dan penjualan.

a. Pembelian (Buying)
Pembelian merupakan salah satu fungsi pemasaran yang tidak dapat diabaikan, sebab fungsi ini sangat memengaruhi efiesiensi dan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Aspek—aspek yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembelian adalah macam, jenis, jumlah, waktu, tempat, dan sifat pembelian.

b. Pemilihan (Grading)
Pemilihan berperan dalam penetapan harga barang. Pemilihan adalah penetapan suatu barang termasuk ke dalam suatu kelompok yang memenuhi ciri-ciri yang dianggap sama.

c. Pengangkutan Tansportation)
Pengangkutan merupakan sarana untuk memindahkan barang secara fisik dan satu tempat ke tempat lainnya. Fungsi ini memegang peranan dalam memengaruhi kelancaran arus barang dan produsen ke konsumen. Dengan tersedianya barang pengangkutan seperti kereta api, truk, kapal laut, dan pesawat terbang mengharuskan pimpinan perusahaan memilih salah satu sarana yang paling tepat untuk perusahaan, yaitu dilihat dari segi biaya dan dan aspek-aspek lainnya (kecepatan, pelayanan, dan teknis). Pengangkutan menciptakan faedah waktu (time utility), Pengangkutan adalah salah satu faktor utama dalam menentukan luasnya suatu daerah pasar bagi suatu barang.

d) Pembungkusan (Packing)
Pembungkusan atau pengepakan mempunyai pengaruh terhadap kelancaran mengalirnya barang pada suatu saluran distribusi. Pengepakan tersebut harus dapat memenuhi syarat menarik, dapat melindungi barang yang dibungkusnya, praktis untuk berbagai kebutuhan, serta tidak begitu besar pengaruhnya sebagai salah satu unsur harga pokok.

e) Penggudangan (Storage)
Penggudangan adalah suatu usaha agar suatu barang dilindungi dari kerusakan dengan menyimpannya pada suatu tempat tertentu untuk dijual atau dikonsumsikan di masa datang pada saat barang jarang diperoleh.

f) Pembelanjaan (Financing)
Pembelanjaan adalah kegiatan atau usaha mencari atau menyediakan dana serta menggunakan dana secara efisien dan efektif agar operasi suatu perusahaan berjalan dengan baik.

g) Periklanan (Advertising)
Coba kamu sebutkan, iklan yang saat ini ramai dibicarakan orang! Mengapa iklan tersebut sangat berkesan? Periklanan berarti usaha memberitahukan suatu barang dengan maksud menarik dan menimbulkan perhatian orang terhadap barang tersebut. Cepat tidaknya suatu barang berpindah banyak dipengaruhi oleh fungsi periklanan.

h) Penjualan (Selling)
Penjualan merupakan salah satu fungsi pemasaran yang sangat penting dan menentukan. Ada tidaknya fungsi pemasaran lainnya sangat tergantung dari pelaksanaan fungsi penjualan. Apa yang dapat dijual banyak tergantung dari keadaan pasar, yang dapat ditentukan melalui suatu penelitian.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian, Konsep dan Fungsi Bidang Manajemen Pemasaran dan juga tentang konsep pemasaran dan fungsi dari pemasaran itu sendiri, selamat belajar!