Perubahan Lingkungan Karena Campur Tangan Manusia dan Faktor Alam

Contoh dampak yang ditimbulkan dari terjadinya perubahan terhadap kehidupan - Pada pembahasan materi geografi kali ini mengenai perubahan lingkungan yang di sebabkan karena campur tangan manusi dan juga disebabkan faktor alam, materi ini mudah-mudahan dapat menjawab beberapa pertanyaan yang sering di ajukan seperti contoh perubahan lingkungan karena faktor alami, contoh perubahan lingkungan akibat ulah manusia, sistem pertanian monokultur dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan lingkungan berupa, dampak yang ditimbulkan dari terjadinya perubahan terhadap kehidupan, contoh perubahan lingkungan dan dampaknya, peranan manusia dalam pengelolaan lingkungan, contoh perubahan lingkungan secara alami, pengertian perubahan lingkungan, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan berikut ini!

a. Perubahan Lingkungan Karena Campur Tangan Manusia

Perubahan lingkungan karena campur tangan manusia contohnya penebangan hutan, pembangunan pemukiman, dan penerapan intensifikasi pertanian. Penebangan hutan yang liar mengurangi fungsi hutan sebagai penahan air. Akibatnya, daya dukung hutan menjadi berkurang. Selain itu, penggundulan hutan dapat menyebabkan terjadi banjir dan erosi.

Akibat lain adalah munculnya harimau, babi hutan, dan ular di tengah pemukiman manusia karena semakin sempitnya habitat hewan-hewan tersebut.
Perubahan Lingkungan Karena Campur Tangan Manusia dan Faktor Alam
Perubahan Lingkungan Karena Campur Tangan Manusia dan Faktor Alam

Pembangunan pemukiman pada daerah-daerah yang subur merupakan salah satu tuntutan kebutuhan akan pangan. Semakin padat populasi manusia, lahan yang semula produktif menjadi tidak atau kurang produktif.

Pembangunan jalan kampung dan desa dengan cara betonisasi mengakibatkan air sulit meresap ke dalam tanah. Sebagai akibatnya, bila hujan lebat memudahkan terjadinya banjir. Selain itu, tumbuhan di sekitarnya menjadi kekurangan air sehingga tumbuhan tidak efektif melakukan fotosintesis. Akibat lebih lanjut, kita merasakan pangsa akibat tumbuhan tidak secara optimal memanfaatkan CO2, peran tumbuhan sebagai produsen terhambat.

Penerapan intensifikasi pertanian dengan cara pancausaha tani, di satu sisi meningkatkan produksi, sedangkan di sisi lain bersifat merugikan. Misalnya, penggunaan pupuk dan pestisida dapat menyebabkan pencemaran.

Contoh lain pemilihan bibit unggul sehingga dalam satu kawasan lahan hanya ditanami satu macam tanaman, disebut pertanian tipe monokultur, dapat mengurangi keanekaragaman sehingga keseimbangan ekosistem sulit untuk diperoleh. Ekosistem dalam keadaan tidak stabil. Dampak yang lain akibat penerapan tipe ini adalah terjadinya ledakan hama.

b. Perubahan Lingkungan Karena Faktor Alam

Perubahan lingkungan secara alami disebabkan oleh bencana alam. Bencana alam seperti kebakaran hutan di musim kemarau menyebabkan kerusakan dan matinya organisme di hutan tersebut. Selain itu, terjadinya letusan gunung menjadikan kawasan di sekitarnya rusak.

Salah satu contoh perubahan lingkungan karena campur tangan manusia adalah ?
  • pembuatan waduk atau bendungan.
  • danau buatan.
  • hutan buatan atau hutan industri (dimana hanya menanam 1 jenis pohon saja).
  • penebangan pohon secara liar hingga hutan gundul.
  • membuang limbah hasil industri tanpa di olah terlebih dahulu, langsung ke sungai sehingga menyebabkan pencemaran air, air menjadi tercemar dan ekosistem terganggu.
  • pelebaran lahan untuk hunian dan pembuatan jalan.
Sekian pembahasan mengenai Perubahan Lingkungan Karena Campur Tangan Manusia dan Faktor Alam dan juga tentang dampak yang ditimbulkan serta contoh kasus perubahan lingkungan yang disebabkan manusia, jika bukan materi artikel ini yang sobat cari, mungkin artikel di bawah ini dapat menjawabnya!