Melakukan Pekerjaan Cetak UV Varnish

Melakukan Pekerjaan UV Varnish - Hasil UV Varnish dengan laminasi gloss sepintas terlihat sama. Tetapi jika dicermati akan ada perbedaan, terutama pada ketebalan lapisan. Pada laminasi lebih tebal lapisannya, karena menggunakan plastik untuk melapisi cetakan, bila cetakan dilipat tajam cetakan tidak mudah rusak karena terlindungi oleh laminasi tersebut. Sedang hasil UV varnish ketebalan lapisan lebih tipis karena menggunakan bahan kimia dan penyinaran ultra-violet untuk melapisi cetakan, bila cetakan dilipat tajam cetakan lebih mudah sobek dibanding laminasi gloss.

Melakukan Pekerjaan UV Varnish

Cetak UV Varnish - Untuk membedakan apakah itu pekerjaan laminasi atau UV varnish, dapat menggunakan benda tajam (jarum, cutter, atau benda tajam lainnya) dengan menggoreskan pada cetakan. Jika lapisan mudah terluka, berarti itu hasil dari UV varnish, sedangkan laminasi gloss lebih tahan gores karena ada lapisan plastiknya. Fungsi dari UV varnish dan laminasi gloss sama, yaitu untuk menimbulkan kesan artistik atau mewah pada cetakan, melindungi cetakan dari polusi, basah, dan kepudaran warna.

Faktor yang sering dijadikan pertimbangan konsumen memilih cetakan di laminasi atau di UV varnish adalah biaya. Dengan kualitas penampilan yang relatif sama UV varnish biayanya lebih murah dibanding dengan laminasi gloss. Untuk ilustrasi perbandingan harga, dapat dilihat pada table dibawah ini :
Melakukan Pekerjaan Cetak UV Varnish
Mesin UV (ultraviolet) Varnih seri ZHSG-1200. Melakukan Pekerjaan Cetak UV Varnish.

Perbandingan harga UV, gloss, dan dob
1. UV Varnish Rp. 0,06,- /cm
2. Laminasi Gloss Rp. 0,12,- /cm
3. Laminasi Dob Rp. 0,38,- /cm
* Harga menyesuaikan kondisi pasar

Spesifikasi Mesin UV (ultraviolet) Varnih seri ZHSG-1200:
Lebar maksimum kertas: 1150 mm
Tebal maksimum kertas: 500 g/m2
Tebal minimum kertas: 80 g/m2
Kecepatan maksimum: 60 m/min
Listrik UV: 16 kw
Listrik Iraser: 22 kw
Dimensi Mesin: 6800 x 1600 x 1400 mm
Berat Mesin: 2800 kg

Keunggulan Cetak UV

Keunggulan Cetak UV - Dalam cetak UV, tinta khusus dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menerima radiasi UV, yang berfungsi mengeraskan permukaan dan mematangkan lapisan coating diatas material cetak (kertas dan plastik). Ada 3 (tiga) keunggulan dari cetak UV, antara lain :

1. Printability cetak UV

Hasil dari cetak UV sangat mencengangkan secara visual yang mempunyai tingkat kilap yang sangat tinggi, atau lapisan coating yang dull (redup) tergantung jenis coating yang dipakai; warna cetak lebih kuat dan kontras yang menonjolkan detil gambar, bahkan mampu dilakukan pada kertas uncoated.

2. Runnability cetak UV

Yang paling terpenting buat perusahaan percetakan sendiri adalah cepatnya proses percetakan – turnaround – anda bisa langsung melakukan cetak kedua di sisi kedua tanpa harus menunggu, kemudian proses pemotongan, pelipatan dan pengiriman ke pelanggan dalam satu tarikan pekerjaan – tanpa ada waktu jeda yang berarti, ini disebabkan oleh cepatnya proses pengeringan.

3. Kualitas Premium cetak UV

Hasil akhir produk sendiri sangat bagus sebab material cetak tahan air dan tidak berbekas walau dipegang tangan yang yang lembab. Dengan memiliki cetak UV banyak perusahaan merasa mereka mempunyai suatu keunggulan usaha, sebab mereka dapat memposisikan sebagai percetakan papan atas, dimana pesaing tidak dapat melakukan apa yang mereka bisa tawarkan ke pelanggan.

Jenis pekerjaan yang dilakukan dengan cetak UV umumnya adalah pekerjaan cetak multicolor seperti annual reports, brosur, material marketing, poster display dari perusahaan ditoko-toko retail. Untuk mengurangi biaya waktu dan pengulangan pekerjaan, perlu anda tetapkan standarisasi material dan semakin sedikit jumlah material juga lebih efisien dari biaya. Misalnya untuk material plastik tetapkan standar tingkat dyne yang tertentu dan tinggi untuk memastikan tidak adanya masalah tidak melekatnya tinta atau coating diatas plastik, apalagi bila anda mempunyai cetak UV hybrid yang sering gonta-ganti dari konvensional ke UV. Pastikan pula menguji setiap material yang diterima dari supplier tingkat dyne dan adhesi tinta.

Dengan kepastian material diatas, anda dapat dengan yakin dan memaksimalkan kelebihan cetak UV dari sisi turnaround. Karena bila material yang jelek digunakan akan menyebabkan anda tidak bisa memanfaatkan ketepatan perencanaan produksi.

Sekian pembahasan mengenai Melakukan Pekerjaan Cetak UV Varnish juga pembahasan tentang Keunggulan Cetak UV, Printability cetak UV, Runnability cetak UV,  dan Kualitas Premium cetak UV.