Menanggapi Isi Pembicaraan dalam Diskusi

1. Mencatat Siapa dan Apa yang Dibicarakan dalam Diskusi

Menanggapi Isi Pembicaraan dalam Diskusi - Kemampuan berkomunikasi seseorang tidak tumbuh dengan sendirinya. Komunikasi seseorang akan baik dan terlatih apabila sering berkomunikasi dalam berbagai peristiwa dan beraneka ragam pendengarnya. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa secara nyata. Kegiatan ini dapat berlangsung dengan bercakap-cakap, tanya jawab, berdialog, berpidato, dan berdiskusi/seminar. Seseorang agar memiliki keterampilan berbicara secara baik dan benar dalam forum-forum diskusi/seminar, maka dia harus menguasai hal-hal berikut ini.
a. Penguasaan masalah.
b. Penguasaan lafal dan intonasi.
c. Pengenalan situasi.
d. Keberanian berbicara.
e. Penguasaan bahasa/kekayaan kosakata dan gaya penyampaiannya
f. Sering latihan/kebiasaan.

Tujuan berbicara dalam forum apa pun tentulah didorong oleh keinginan untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada siapa yang diajak berbicara. Dalam diskusi/seminar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, mengingat diskusi itu merupakan suatu forum musyawarah untuk memufakati suatu masalah yang dihadapi bersama-sama.

Pihak-pihak yang terlibat dalam diskusi.
a. Moderator
Seorang anggota diskusi/seminar yang ditunjuk oleh panitia seminar/diskusi untuk memimpin jalannya diskusi sampai selesai.

b. Notulen
Seorang anggota seminar yang ditunjuk oleh panitia dan moderator sebagai pencatat dan perekam dalam proses jalannya seminar/diskusi.

c. Pembicara
Seorang ahli atau pakar yang dimintai oleh panitia untuk menjadi pembicara atau memberikan materi dalam diskusi/seminar tersebut.

d. Peserta
Anggota seminar yang mengikuti seminar/diskusi dan mendaftar secara langsung ataupun hanya sebagai partisipan.

Kewajiban-kewajiban peserta diskusi/seminar.
  1. Berkemampuan mengusahakan terselenggarakannya diskusi secara lancar dan tertib.
  2. Sabar, adil, dan tidak memihak.
  3. Mematuhi dan menjalankan peraturan diskusi yang telah dibuat/ditetapkan.
  4. Bersama-sama anggota/sekretaris menyusun kesimpulan diskusi dan mengumumkannya.
  5. Menguasai pokok-pokok masalah yang didiskusikan. 
Hak peserta diskusi.
  1. Mematuhi aturan berdiskusi.
  2. Menguasai/memahami pokok-pokok masalah.
  3. Aktif menyumbangkan ide, gagasan, dan pokok-pokok pikirannya.
  4. Menghargai pendapat orang lain.
  5. Selalu menghindari sikap emosional dan alogis.
  6. Mengajukan usul/pendapat setelah dipersilakan oleh ketua diskusi.
Menanggapi Isi Pembicaraan dalam Diskusi
Contoh format untuk mencatat isi pembicara dan pokok-pokok pembicaraan di diskusi. Menanggapi Isi Pembicaraan dalam Diskusi

Kaderisasi Penulis
Pelajar dan Mahasiswa di Media Massa Cetak

Satu fenomena sangat menyedihkan ketika tahun ‘80-an beberapa pengarang muda seperti Hilman Hariwijaya, Zara Zettira, Gola Gong, dan Bubin Lantang merajai peredaran buku-buku cerita remaja, dialogdialog kepenulisan pun hangat diselenggarakan dengan peserta melimpah. Meskipun demikian, dunia kepenulisan bagi remaja dan mahasiswa sampai saat ini memang masih sepi oleh penggemar. Diibaratkan “hangat-hangat tahi ayam”, pada saat ada diklat kepenulisan, diklat jurnalistik, dan sebagainya, mereka berbondong-bondong untuk meramaikannya tetapi setelah itu ibarat mimpi lewat saja.

Ada satu protes keprihatinan yang dilontarkan oleh seorang penulis yang sudah memiliki nama, yaitu Gola Gong pada saat seorang panitia dialog kepenulisan mengajukan proposal kepadanya sebagai pembicara dalam dialog tersebut. “Apakah tidak bosan mengundang saya? Hasilnya selama ini yang sudah terwujud apa? Apakah saya masih laku untuk ditawarkan, sementara dunia fashion, jumpa fans, cover majalah, jauh lebih laris dibandingkan dunia kepenulisan?

Hal ini saya kira wajar jika Gola Gong seakan-akan memberontak melihat ketidakpedulian para remaja dan mahasiswa sekarang terhadap lahan yang sebenarnya menjanjikan masa depan yang sangat cerah. Apalagi setelah adanya reformasi tahun 1998, adanya kebebasan berdemokrasi, berekspresi, dan berkarya sangat marak bermunculan media massa cetak dan elektronik di Indonesia. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan penulis-penulis remaja yang masih memiliki idealisme dan ketangguhan berkarya secara inovatif.

Faktor utama yang menyebabkan “kemandekan dan kemandulan” proses kreatif para mahasiswa dan remaja dalam dunia tulis-menulis adalah sebagai berikut.
  1. Mahasiswa kurang mencintai dunia tulis-menulis.
  2. Kurangnya bekal dan pelatihan kepenulisan atau jurnalistik bagi mahasiswa.
  3. Mahasiswa kurang merespons kegiatan tulis-menulis yang dapat mendukung keprofesionalan sebagai sarjana plus pada saat lulus kuliah nantinya.
Sebagai pegangan bagi penulis pemula, perlu diperhatikan beberapa persyaratan ketika ingin menulis artikel, esai, atau mungkin karya jurnalistik lainnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui Persyaratan Menulis

  • a. Tulisan harus orisinil, belum pernah dimuat di media lain.
  • b. Bersifat aktual dan faktual.
  • c. Mengandung unsur ilmiah populer, bukan ilmiah teknis.
  • d. Tidak menyerang pribadi orang lain atau memojokkan pihak-pihak tertentu.
  • e. Tidak melanggar kesusilaan.
  • f. Materi bukan merupakan promosi yang bersifat komersial tentang suatu produk atau usaha jasa lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Etika Penulisan

Kebebasan penulis artikel di media cetak tetap harus berpegang pada rambu-rambu ataupun aturan penulisan di media cetak. Berikut ini beberapa etika yang harus diperhatikan seorang penulis media cetak.
  • a. Jangan mengirimkan naskah yang sama atau mirip kepada lebih satu media cetak.
  • b. Jangan memanfaatkan artikel untuk kepentingan seseorang atau kelompok.
  • c. Jangan menanyakan kapan artikel Anda dimuat dan honor Anda sebagai penulis.
  • d. Jangan meminta kembali artikel Anda apabila tidak dimuat di media cetak.
  • e. Pahami karakter media cetak yang Anda incar tersebut, baik model, gaya, pembaca, dan model pengiriman naskahnya.

3. Memahami Karakter Redaktur

Masing-masing redaktur media cetak memiliki karakter yang berbeda-beda. Namun demikian, para redaktur pada umumnya memiliki cara kerja yang sama dalam bidang penerbitan media. Oleh karena itu, Anda harus mengenali dan memahami karakter redaktur masing-masing media cetak.

4. Mengenal Kerja Redaktur

Seorang redaktur media cetak biasanya memiliki beberapa alternatif ketika menentukan sebuah tulisan dimuat atau tidak. Hal-hal yang biasanya dilakukan oleh redaktur untuk memilih artikel yang akan dimuatnya, antara lain sebagai berikut.
  • a. Apakah topik artikel aktual atau judulnya menarik.
  • b. Khusus untuk judul apakah ada kejutan, keunikan, atau menunjukkan kebaruan.
  • c. Apakah panjang tulisan sesuai yang dipersyaratkan masing-masing media masa cetak.
  • d. Apakah artikel datang tepat waktu atau bahkan mendahului waktu, khususnya artikel yang menanggapi peristiwa teragenda.
  • e. Apakah artikel itu secara teknis memudahkan (misalnya Anda kirim lengkap dengan disketnya).
  • f. Apakah artikel itu mempunyai ide baru atau sekadar mengulang pendapat orang lain.
  • g. Apakah sudah menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  • h. Bagaimana mengurai sintesis antara teori dan kenyataan.
  • i. Apakah sistematika penulisan artikel sudah runtut atau belum.

5. Strategi Pengiriman Naskah

  • a. Artikel dikirim sendiri.
  • b. Dikirim lewat pos atau paket.
  • c. Mengirim lengkap dengan disket.
  • d. Dikirim melalui modem.
  • e. Mengirim lewat faksimile.
  • f. Mengirim melalui e-mail.

6. Mengenali Kelemahan

  • a. Penulis senior.
  • b. Penulis pemula.
Keuntungan menjadi seorang penulis secara nyata dalam kehidupan kita adalah sebagai berikut.
  1. Mendapatkan honorarium yang sangat menarik dari tulisan-tulisan yang dimuat di media massa cetak atau majalah, baik lokal, nasional, maupun internasional.
  2. Memiliki kebanggaan pribadi karena tulisannya dapat dimuat di salah satu media massa cetak, baik lokal maupun nasional sehingga nama diri dan ide kita dapat dibaca dan diketahui oleh masyarakat, baik para praktisi, akademisi, maupun klien.
  3. Nama kita dikenal oleh para akademisi, praktisi media massa cetak, redaktur, dan para editor penerbitan, sehingga akan membuka jalan untuk keberhasilan kita di masa-masa yang akan datang. Akhirnya, sebagai catatan akhir marilah kita bersama-sama berproses, berkreatif, berekspresi, dan berapresiasi untuk dapat mewujudkan keinginan dan idealisme kita dengan menulis.
Riwayat Singkat Pembicara
Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum. lahir di Sragen, 13 Oktober 1976. Saat ini penulis tinggal dengan istrinya, Yuli Kusumawati, S.S. di Tunggul Sari RT 02/06, Pajang, Laweyan, Surakarta Telp. (0271) 739450. Pendidikan SD hingga SMA diselesaikan di Sragen, yaitu SDN Pungsari 1 tahun 1988, SMPN 1 Plupuh tahun 1991, dan SMUN Gemolong tahun 1994. Gelar Sarjana Sastra diraih di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, bidang Linguistik, Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS tahun 1999 dengan Skripsi “Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Rubrik Wong Solo Ngudarasa Solopos: Kajian Pragmatik”, dan gelar Magister Humaniora, minat utama Linguistik, diraih di Pasca-sarjana UGM Yogyakarta tahun 2002 dengan Tesis “Asosiasi Pornografis Judul-Judul Berita Artis dalam Media Massa Cetak: Kajian Sosiolinguistik”.

Penulis memulai karier mengajar sejak tahun 1997-1998 sebagai Tentor LBB Omega Gama dan Primagama Surakarta, tahun 1999-2000 menjadi wartawan di SKH Pos Kita/Bengawan Pos Solo, tahun 2000- 2002 menjadi tentor di LBB Neutron Yogyakarta, dosen di Universitas Veteran Bantara Sukoharjo dan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sejak 1 Desember 2002 penulis diangkat sebagai dosen tetap Program Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan PBS FKIP UNS - sekarang. Mata kuliah yang pernah diampu di Perguruan Tinggi antara lain; Sosiolinguistik, Pragmatik, Semantik, Psikolinguistik, Linguistik Umum, Linguistik Terapan, Fonologi, Sintaksis, Analisis Kesalahan Bahasa, Jurnalistik, Filsafat Ilmu, dan Menyimak.

Hasil karya ilmiahnya antara lain: “Asosiasi Pornografis dalam Media Massa Cetak” (Jurnal Retorika Pascasarjana PBI UNS, Oktober 2003), “Valensi Morfologis Verba Adjektiva dalam Bahasa Indonesia” (Jurnal Dwijawacana FKIP UNS, Mei 2004), “Karakteristik Bahasa Penyiar Radio JPI FM Solo (Jurnal Humaniora Fakultas Ilmu Budaya UGM, Juni 2004), Eksistensi Bahasa Jawa di Eraglobalisasi ( Seminar Nasional), Emang Islam Nggak Gaul karya Munif Tauhcid (sebagai Editor), Pragmatik: Teori dan Analisis (Lingkar Media Yogyakarta, Juli 2007), Cendera Mata Cinta from “ABG” to “ABG” karya Drs. Yant Mujiyanto (sebagai Editor). Selain itu, penulis juga aktif dalam berbagai seminar dan menulis di media massa cetak, seperti Solopos, Bengawan Pos, Kedaulatan Rakyat, dan Suara Merdeka.
(Sumber: Materi Training Dasar-Dasar Jurnalistik di SMK 6 Solo, 3 Oktober 2007)

2. Mengajukan Pertanyaan terhadap Pokok Pembicaraan

Berdasarkan catatan, buatlah pertanyaan tentang teks yang Anda dengarkan, lalu ajukan kepada teman dalam kelompok diskusi!

Contoh Mengajukan Pertanyaan terhadap Pokok Pembicaraan:
  1. Mengapa harus ada kaderisasi penulis untuk pelajar dan mahasiswa?
  2. Apakah profesi penulis dapat dijadikan mata pencaharian hidup?

3. Mengemukakan Persetujuan dan Penolakan

Buatlah tanggapan persetujuan dan penolakan terhadap pendapat-pendapat pembicara dalam makalah yang disampaikan dalam seminar jurnalistik di atas!
Contoh Mengemukakan Persetujuan dan Penolakan:
  • Maaf, saya kurang sependapat dengan apa yang Bapak sampaikan tadi mengenai “profesi kepenulisan” karena saya belum yakin bahwa dengan menulis kita bisa hidup layak. (Ungkapan Penolakan)
  • Saya setuju dengan pendapat Bapak tadi bahwa kita harus memulai dari diri kita sendiri untuk menulis. Terima kasih. (Ungkapan Persetujuan)

4. Mengajukan Argumen Mendukung dan Menentang

Ajukan argumen yang mendukung dan menentang terhadap pendapat-pendapat pembicara dalam makalah yang disampaikan dalam diskusi atau seminar jurnalistik di atas.

Contoh Mengajukan Argumen Mendukung dan Menentang:
  1. Maaf Pak, saya kurang sependapat dengan pemikiran Bapak tadi. Karena untuk menulis memerlukan modal. Dengan demikian, penulis pemula seperti saya kurang percaya diri untuk mampu me-nulis seperti yang Bapak sampaikan tadi. (Argumen Menentang)
  2. Maaf Bapak Moderator, saya hanya ingin menyampaikan bahwa pada prinsipnya saya sependapat dengan pendapat yang disampaikan Bapak Rohmadi tadi. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau training ini dilanjutkan ke training jurnalistik tingkat lanjut karena dengan menulis akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kita, baik pelajar maupun mahasiswa. Terima kasih. (Argumen Mendukung)