Pengertian serta Pemindahbukuan (Posting) ke Buku Besar Utama dan Pembantu

Pengertian serta Pemindahbukuan (Posting) Buku Besar Utama dan Pembantu - Pada materi Ekonomi Kelas 12 kali ini akan membahas tentang arti dari Buku Besar dan Buku Besar Pembantu serta Pemindahbukuan (posting) ke Buku Besar Utama, beserta beberapa contoh dari posting jurnal pembelian, pengeluaran kas, penjualan, penerimaan kas, posting jurnal umum ke buku besar utama yang memakai data contoh pada materi Macam-macam Jurnal Khusus untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini!

Pengertian serta Pemindahbukuan (Posting) ke Buku Besar Utama dan Pembantu

1. Pengertian Buku Besar dan Buku Besar Pambantu

Yang dimaksud dengan Buku Besar Utama (general ledger) adalah catatat yang merupakan kumpulan dari akun—akun yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan tersendiri, sehingga tidak membutuhkan perincian. Adapun Buku Besar Pembantu adalah buku besar yang khusus dibuat untuk membantu rincian informasi yang terdapat dalam salah satu akun pada buku besar utama. Dengan demikian buku besar pembantu merupakan buku besar yang membutuhkan perincian. Akun di buku besar utama yang mempunyai buku besar pembantu disebut akun induk atau akun pengendali.

Sebagai contoh akun utang dagang mempunyai saldo sebesar Rp150.000,00. Buku besar pembantu utang akan menginformasikan rincian saldo akun utang dagang, sebagai contoh.
Utang Toko Budi bersaldo Rp 70.000,00
Utang Toko Aneka bersaldo Rp 50.000,00
Utang CV Saudara bersaldo Rp 30.000.00
Total seluruh utang dagang Rp150.000,00

Buku besar utama merinci saldo utang dagang yang terdapat pada buku utama sehingga jelas terinci nama kreditur beserta saldonya. Fungsi buku besar utama adalah untuk mencatat transaksi-transaksi sejenis, sehingga memperjelas informasi yang terdapat di buku besar utama.

Pencatatan ke dalam buku besar pembantu dilakukan langsung dan bukti transaksi dan secara periodik dilakukan kontrol untuk mengetahui pencatatan dalam jumal pembelian sudah dipindahkan ke dalam buku besar pembantu yang bersangkutan atau belum. Setiap dilakukan kontrol dan ternyata hasilnya benar, maka dalam kolom Ref. jurnal pembelian diberikan tanda check mark (\/).

2. Pemindahbukuan (Posting) ke Buku Besar Utama

Setelah transaksi dicatat (dibukukan) dalam jumal khusus, selanjutnya masing—masing akun jurnal khusus dipindahkan (di-posting) ke buku besar utama untuk setiap akhir bulan. Setiap akhir bulan sebelum jurnal khusus diposting ke masing—masing buku besar utama, maka akun yang ada dalam jurnal khusus dijumlah dan diberi nomor akun di bawahnya yang disesuaikan dengan aturan akun yang digunakan oleh suatu perusahaan. Berikutnya jurnal khusus direkapitulasi antara jumlah debit dan jumlah kredit. Langkah ini bertujuan agar memudahkan posting ke masing-masing perkiraan buku besar utama.

Prosedur posting jurnal khusus ke buku besar utama adalah sebagai berikut:
(a) kolom Tanggal diisi tanggal akhir bulan,
(b) kolom Keterangan diisi dengan tanda (—),
(c) kolom Ref. diisi dengan nomor halaman jurnal khusus,
(d) kolom Saldo diisi selisih antara jumlah debit dan kredit atau penambahan debit dengan debit atau kredit dengan kredit. Berikut posting dari jurnal khusus ke buku besar utama.

a. Posting Jurnal Pembelian ke Buku Besar Utama

Lihat kembali rekapitulasi jurnal pembelian PD Makmur pada materi artikel Macam-macam Jurnal Khusus. Dan jurnal khusus pembelian dan rekapitulasi jurnal pembelian dapat disusun buku
besar sebagai berikut.  klik gambar untuk memperbesar
Posting Jurnal Pembelian ke Buku Besar Utama
Contoh pembukuan Posting Jurnal Pembelian ke Buku Besar Utama

b. Posting Jurnal Pengeluaran Kas ke Buku Besar Utama

Periksa kembali rekapitulasi jurnal pengeluaran kas PD Makmur pada data yang terdapat pada artikel Macam-macam Jurnal Khusus. Dari jurnal khusus pengeluaran kas dan rekapitulasi jurnal pengeluaran kas dapat disusun buku besar sebagai berikut. klik gambar untuk memperbesar
Posting Jurnal Pengeluaran Kas ke Buku Besar Utama
Contoh pembukuan Posting Jurnal Pengeluaran Kas ke Buku Besar Utama

c. Posting Jurnal Penjualan ke Buku Besar Utama 

Periksa kembali rekapitulasi jurnal penjualan PD Makmur pada data yang terdapat pada artikel Macam-macam Jurnal Khusus. Dari jurnal khusus dan rekapitulasi jurnal penjualan tersebut maka akan dapat dibuat buku besar sebagai berikut. klik gambar untuk memperbesar
Posting Jurnal Penjualan ke Buku Besar Utama
Contoh pembukuan Posting Jurnal Penjualan ke Buku Besar Utama

d. Posting Jurnal Penerimaan Kas ke Buku Besar Utama

Periksa kembali rekapitulasi jurnal penerimaan kas PD Makmur pada data yang terdapat pada artikel Macam-macam Jurnal Khusus. Dari jurnal khusus penerimaan kas dan rekapitulasi jurnal penerimaan
kas dapat disusun buku besar sebagai berikut. klik gambar untuk memperbesar
Posting Jurnal Penerimaan Kas ke Buku Besar Utama
Contoh pembukuan Posting Jurnal Penerimaan Kas ke Buku Besar Utama

e. Posting Jurnal Umum ke Buku Besar Utama

Lihat kembali rekapitulasi jumal umum PD Makmur pada data yang terdapat pada artikel Macam-macam Jurnal Khusus. Dari jurnal umum dan rekapitulasi jurnal umum dapat disusun buku besar sebagai berikut. klik gambar untuk memperbesar.
Posting Jurnal Umum ke Buku Besar Utama
Contoh pembukuan Posting Jurnal Umum ke Buku Besar Utama
Sekian pembahasan mengenai arti dari Buku Besar dan Buku Besar Pembantu serta contoh dalam Pemindahbukuan (posting) ke Buku Besar Utama, yang terdiri dari posting jurnal pembelian, pengeluaran kas, penjualan, penerimaan kas, posting jurnal umum ke buku besar utama, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.